•   Jumat, 24 Januari 2020
Kesehatan

Makanan Sehat dan Menghangatkan Badan saat Musim Hujan

( words)
Salah satu makanan yang sehat dan menghangatkan


SURABAYAPAGI.COM –Daya tahan tubuh akan menurun sehingga lebih rentan terkena penyakit pada saat musim hujan. Hal ini disebabkan karena penyebaran virus dan bakteri menjadi lebih mudah dan cepat dalam kondisi lembap.

Untuk itu, tubuh perlu dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan. Bukan hanya menjaga tubuh kering dan hangat dengan payung dan jaket, tetapi makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan untuk membuat tubuh tetap sehat dan hangat di musim hujan.

Berikut rangkuman enam makanan sehat yang cocok untuk menghangatkan tubuh Anda di musim hujan.

1. Sup Ayam
Seringkali ketika sakit, orang-orang memilih makan sup ayam. Sup ayam merupakancomfort food sekaligus bisa memberikan asupan cairan dan nutrisi karena terdapat banyak sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin dan protein.

2. Capcay
Cap cai atau capcay adalah makanan yang berasal dari China untuk menyebut tumisan aneka sayur. Selain rasanya enak, capcay termasuk kategori makanan bergizi karena terdapat berbagai macam sayuran di dalamnya.

3. Sup Labu
Sup merupakan makanan yang menjadi pilihan banyak orang saat musim hujan. Labu yang kaya akan vitamin A dan antioksidan sepertilitein dankaroten cocok untuk dijadikan sup saat musim hujan. Selain dapat menghangatkan tubuh, sup labu juga dapat membantu merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi.

4. Soto
Makanan berkuah kuning ini memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Namun secara umum, soto ayam dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Masakan dengan jahe di dalamnya cocok sekali disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

5.Rawon
Makanan khas Jawa Timur ini merupakan sejenis sup daging dengan kuah hitam pekat. Warna hitam kuahnya berasal dari kluwek atau pucung. Kluwek mengandung zat besi dan vitamin C yang mampu menjaga vitalitas.

6. Ronde
Ronde biasa dicari orang ketika malam hari terlebih saat hujan karena bisa menghangatkan tubuh dan tenggorokan. Penganan tradisional ini berisi olahan tepung ketan yang dibentuk bulat warna-warni dan diisi gula merah kemudian disiram dengan kuah jahe manis panas dan kacang tanah.

Berita Populer