•   Senin, 27 Januari 2020
Kuliner

Makanan Favorit Buruh yang Mendunia

( words)
Wujud kwetiau sebelum diolah dengan berbagai variasi hidangan.SP/gl


Sejarah Makanan Legend Asal China, Kwetiau

SURABAYAPAGI.COM, -Salah seorang budayawan Tionghoa di Kota Bandung, Soeria Disastra mengatakan, penyebaran warga Tionghoa ke Indonesia memberi pengaruh terhadap setiap sendi kehidupan sosial dan budaya masyarakat setempat. Dan salah satunya dalam hal kuliner.

Untuk kali ini, Kwetiau menjadi topik bahasan yang menarik. Kwetiau sendiri merupakan makanan sejenis mie dan berwarna putih dan terbuat dari berasa, mie ini berasal dari China. Kwetiau sendiri cukup populer di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang banyak bermukim warga keturunan Tionghoa.

Asal mula kwetiau sendiri, lanjutnya, diciptakan kaum buruh untuk dijual kepada kaum buruh lain atau masyarakat bawah. Selain itu juga, didagangkan oleh petani yang pada siang hari bertani dan malam hari berdagang kwetiau memakai sisa sayuran, daging dan digoreng dengan lemak babi.

Menu ini menjadi menu favorit di kalangan buruh dan menjadi sumber energi serta nutrisi berharga murah. Namun di Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk muslim, kwetiau pun, kini, memiliki varian yang tidak lagi menggunakan lemak babi.

"Setiap pengaruh budaya pasti ada proses adaptasi, begitupun dengan makanan seperti Kwetiau ini," tegasnya

Di negara asalnya, Tiongkok, kwetiau identik dengan etnis Hokkian dan Tio Ciu. dan biasa dikenal dengan nama Guotiao.

Kwetiau yang terkenal di kalangan Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera adalah kwetiau medan yang memakai bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek.

Kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Tio Ciu yang banyak berdiam di Kalimantan adalah kwetiau sapi yang memakai daging sapi beserta jeroannya seperti babat.

Terlepas dari itu, Kwetiau ternyata mempunyai nama asli yakni, “Char Kway Teow” yang artinya potongan mi beras goreng. Dibuat dengan menggoreng kwetiau dengan kecap asin dan manis, sedikit belacan (terasi), jus asam, tauge, kucai, lap cheong (sosis hidangan khas Tionghoa) dan kerang.

Kwetiau ini sendiri memiliki banyak variasi hidangan, mulai dari kwetiau goreng, kwetiau rebus, hingga kwetiau siram, kwetiau Siram adalah jenis kwetiau yang berkuah, sering dimasak dengan daging babi ataupun sapi atau bahkan ada beberapa produsen mie di Indonesia telah mentransformaiskan kwetiau kedalam kwetiau berbentuk instan layaknya mie instan biasa yang di jual dipasaran.

Selain itu, teknik membuat Kwetiau sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan cara direbus atau dengan cara dikukus. Adapun bahan dan komposisi bahan kering yang digunakan untuk membuat Kwetiau rebus atau Kwetiaw Kukus hampir sama, terdiri dari 100 gram tepung beras, 100 gram tepung terigu, 1 sendok makan tepung maizena dan 2 putih telur, yang berbeda hanya takaran air.

Berita Populer