•   Rabu, 11 Desember 2019
Otonomi Daerah

’Majestic Panji Sekartaji’ Tampilkan Seniman Kondang di Wisata Goa Selomangleng

( words)
Penampilan tarian dua wajah Didik Nini Towok asal Yogyakarta


SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Banyak seniman kondang dari berbagai daerah hingga mancanegara tampil di wisata Goa Selomangleng Kota Kediri, Minggu (20/10/2019). Mereka diundang Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri dalam acara kesenian bertema ’Majestic Panji Sekartaji’.

Majestic Panji Sekartaji sendiri merupakan kilas balik masa kejayaan Kerajaan Kediri yang termasyur pada kala itu. Para seniman penari kondang seperti Didik Nini Towok dari Yogyakarta, Kaori Okado dari Jepang, Alexander BG dari Lampung, Studiao Taksu dari Surakarta, Igor de Almaeda dari Brazil dan Sanggar Greget dari Semarang tampil di acara itu.

Didi Nini Towok tampil pertama dalam pagelaran kali ini yang dibuka dengan mengarak hasil bumi menuju Goa Selomangleng. Ia menari meleak-leokan tubuhnya dengan memakai topeng yang menunjukan tarian kolaborasi antar daerah.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri, Nur Muhyar mengatakan, para seniman dan budayawan yang diundang kali ini agar dapat memberikan tontonan budaya kolaborasi antara tradisional dan modern.

"Kali ini kita kemas pagelaran seni alami tradisional yang disisipi unsur seni modern. Pagelaran ini kita ingin mewadai semua seni yang ada baik kolaborasi dengan daerah lain hingga mancanegara," ujarnya.L

Nur Muhyar menambahkan, pagelaran ini diharapkan dapat menjadikan Kota Kediri
Memiliki sebuah pagelaran yang bisa berskala nasional hingga internasional.

"Baru saja Kota Kediri menerima anugerah kebudayaan nasional. Sehingga hal ini menjadi kewajiban kita untuk terus memajukan dan membanggakan kebudayaan dan kesenian Kota Kediri," imbuhnya.

Menurut Nur Muhyar, pagelaran kesenian seperti ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi semua kalangan. Salah satunya seperti edukasi bagi anak-anak dan remaja, serta dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

"Kita ingin anak-anak tahu tentang budaya tradisi kita. Kita juga kemas pagelaran ini agar bisa berskala nasional hingga internasional. Selain itu kita juga mengkaitkan pagelaran ini dengan kegiatan ekonomi. Artinya bahwa apa yg kita lakukan harus membawa sebuah tontonan dan sekaligus bisa menggerakan roda ekonomi masyarakat. Diharapakan dengan adanya pagelaran ini ekonomi kita bisa tumbuh dan bergerak maju untuk kesejahterana Kota Kediri," tandasnya. Can

Berita Populer