Lumajang Raih Juara 2 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 09 Jul 2020 18:03 WIB

Lumajang Raih Juara 2 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi

i

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang raihJuara 2 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur.SP/Lim

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Upaya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang untuk terus membina dan mengembangkan perpustakaan desa di Kabupaten Lumajang membuahkan hasil. Terbukti dengan diraihnya Juara 2 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Edy Irianto, S.Sos. menyampaikan bahwa prestasi ini tidak diraih serta merta. Perlu proses dan kerjasama berbagai pihak, baik dengan pemerintah desa maupun dengan pengelola perpustakaan desa.

Baca Juga: Pemkab Lumajang Akui Belum Punya Data Konsumsi Elpiji 3 Kg Warga

"Pada awal pendiriannya di tahun 2010, Rumah Baca Desa “Sumber Ilmu” Desa Labruk Kidul - Kecamatan Sumbersuko ini mendapatkan stimulan 1 rak buku, 50 eksemplar buku dan papan nama dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Kab. Lumajang," kata Kepala Dinas melalui Pustakawan Dinas Kearsipan Tutik Endriyani, Kamis (9/7/2020) siang.

Dijelaskan, RBD “Sumber Ilmu” awalnya dikelola oleh Pokja 2 PKK Desa dan menjadi satu lokasi dengan PAUD. Melihat antusias dan semangat Ibu-ibu pengelola untuk memberikan layanan namun koleksi buku tidak memadai, pihaknya berusaha mengajukan bantuan buku kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Perlombaan Tarik Tambang di Lumajang Diharapkan Mampu Dongkrak Perekonomian

"Alhamdulilah pada tahun 2015 RBD “Sumber Ilmu” diberi 500 judul buku/ 1000 eksemplar dan 2 rak. Dengan koleksi buku yang sudah lumayan banyak namun letak RBD yang kurang representatif mengakibatkan RBD sepi pengunjung," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, Seiring dengan adanya Program PerpuSeru yang memberikan bantuan 3 unit komputer serta pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dimana Perpustakaan Kabupaten Lumajang sudah bermitra sejak 2011 dan berhasil mereplikasi pada 28 Perpustakaan Desa hingga tahun 2017 dan 22 Perpustakaan Desa pada tahun 2018 (termasuk RBD “Sumber Ilmu” Desa Labruk Kidul) yang statusnya sudah meningkat menjadi Perpustakaan Desa “Sumber ilmu”.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas, Pemkab Lumajang Gelar Pelatihan Membatik

Salah satu ketentuan untuk mendapatkan bantuan 3 unit komputer dari Program PerpuSeru adalah adanya pengelola, ruang yang nyaman dan luas serta adanya berbagai kegiatan pelibatan masyarakat, untuk menjawab semua itu RBD Sumber Ilmu pindah ke Balai pertemuan warga hingga kini berada dilokasi yang nyaman dan ditengah-tengah warga. 

"Saat ini, Di Kabupaten Lumajang sudah ada 66 Perpustakaan Desa yang memberikan layanan berbasis inklusi sosial dimana strategi peningkatan layanan informasi melalui koleksi bahan pustaka, komputer dan internet termasuk di perpusdes ini sudah dilakukan. Ke 66 Perpusdes ini memberikan layanan sirkulasi buku, serta komputer dan internet," ungkapnya.Lim

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU