•   Jumat, 22 November 2019
PERISTIWA

Longsor di Perimeter Selatan, Ini Akses ke Bandara Soetta

( words)


SURABAYAPAGI.COM, Tangerang - Jalur Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta ditutup akibat longsor di bawah underpass. Namun, masih banyak jalur alternatif untuk menuju dan dari Bandara Soekarno Hatta, baik dari arah Tangerang maupun Jakarta.
"Memang sampai sekarang masih ditutup, karena kami masih fokus membersihkan material longsor," tutur Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Akhmad Yusep, Selasa (6/2/2018).
Bagi pengendara atau warga yang akan menuju dan dari Bandara bisa menggunakan jalur Perimeter Utara. Terutama bagi warga Tangerang, bisa menggunakan perimeter tersebut.
Yakni dari Lampu Merah M1 atau depan pergudangan Bandara Mas, lurus sekitar 100 hingga 200 meter, melalui pemakaman Selapajang, kemudian jalur Perimeter Utara akan ada di sebelah kanan jalan raya tersebut.
"Jalur tersebut dua arah sama halnya Perimeter Selatan, jadi bisa digunakan pengendara untuk menuju atau dari Bandara," tutur Yusep.
Kemudian, untuk masyarakat yang datang dari Jakarta tidak ada pengalihan arus. Mereka dapat menggunakan Jalan Tol kemudian masuk kawasan bandara.
Baik dari Perimeter Utara maupun jalan tol, semuanya bisa mengakses Terminal 1, 2,3 dan Terminal 3 Internasional tanpa kendala. Pada pukul 6 hingga 8 pagi tadi, memang terjadi kepadatan lalu lintas di sana.
"Padat karena jam kerja, tapi saat ini sudah seperti biasa," kata Yusep.
Operasional Kereta Bandara Rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta yang mulai beroperasi memasuki peron stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12). Pada 2 Januari, kereta bandara Soekarno Hatta akan diberlakukan tarif normal yaitu Rp 70.000. Sementara itu, PT Railink menyatakan belum bisa memastikan kapan layanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan kembali beroperasi. Hal ini menyusul kejadian longsor di underpass Jalan Perimeter Selatan Bandara Soetta yang menyebabkan perjalanan kereta bandara dihentikan sementara.
JM Marcom and PR PT Railink Diah Suryandari mengatakan, Railink masih menunggu proses evakuasi yang dilakukan pihak terkait. Jika proses evakuasi telah selesai dilakukan dan kondisi dinyatakan aman, baru Kereta Bandara Soetta akan beroperasi kembali.
"Saat ini untuk keamanan penumpang dan proses evakuasi tidak jalankan untuk sementara. Sampai kondisinya dinyatakan aman untuk kereta bandara melintas," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (6/2/2018).
Hingga saat ini Railink masih terus berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai kondisi di lapangan. Selain itu, tim dari Railink juga terjun langsung untuk memantau perkembangan agar layanan Kereta Bandara Soetta ini bisa segera dioperasikan kembali.
(cr/lptn6)

Berita Populer