Lima Napi Positif Covid Dievakuasi ke RSUD Mojosari

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Agu 2020 15:10 WIB

Lima Napi Positif Covid Dievakuasi ke RSUD Mojosari

i

Lima napi Lapas kelas IIB Mojokerto saat dievakuasi ke RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Lima narapidana Lapas Kalas IIB Mojokerto yang positif Covid-19 dievakuasi ke RSUD Prof. Dr. Soekandar, Mojosari, Rabu (26/8/2020) siang. 

Evakuasi dilakukan dengan menggunakan mobil ambulan yang dikawal langsung oleh dua petugas lapas. Rencananya, napi kasus penipuan dan narkoba ini akan dilakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk memutuskan perlu tidaknya dirawat di RSU atau cukup hanya karantiana saja.

Baca Juga: Tinjau Banjir Kota Mojokerto, Pj Gubernur Jatim Bantu Logistik dan Pompa Air

Kepala Lapas Klas IIB Mojokerto, Wahyu Susetyo mengatakan proses pemindahan kelima napi ini dilakukan untuk meminimalisirkan tertulanya warga binaan lainnya. 

"Kita ingin memproteksi warga binaan lainnya agar tak tertular, karena sifat penularan virus ini sangat mudah dan cepat. Meski kita telah memberlakukan protokol kesehatan ketat, tapi tetap saja mengkhawatirkan," ujarnya.

Wahyu menyebut, nantinya kelima napi ini akan diperiksa di RSU. Mereka akan di rontgen dan di diagnosa apa ada pneumonia apa tidak. "Tadi petunjuknya, kalau memang sakit ya dirawat dan di isolasi di rumah sakit. Tapi kalau gak sakit di isolasi di Puskesmas Gondang," jelasnya.

Baca Juga: Banjir Rendam Empat Kelurahan, 4503 Warga Kota Mojokerto Terdampak

Kalapas menambahkan, proses evakuasi kelima napi ini dengan menggunakan prokes ketat. Diantaranya, petugas lapas yang antar dipakaikan pakaian hazmat dan napi yang positif diberi masker serta faceshield.

"Petugas pengamanan kami menggunakan APD lengkap seperti hazmat, masker. Mereka langsung di bawa ke depan ketika ambulance datang, biar menghindari kontak fisik," aku Wahyu. 

Dari pantauan di lokasi, Ambulan RSU dr Soekandar tiba di lapas sekitar pukul 14.00 WIB. Nampak seorang petugas ambulance berapakaian APD lengkap menunggu proses evakuasi ke lima WBP yang terpapar Covid - 19 sejak sepekan lalu.

Baca Juga: Banjir di Kelurahan Meri Terparah Sejak 5 Tahun Terakhir, Bantuan Mulai Datang, Banjir Mulai Surut

Selang waktu 15 menit kemudian, evakuasi kelima napi pun dilakukan dan langsung dibawa menuju rumah sakit plat merah Kabupaten Mojokerto dengan dikawal satu petugas Lapas Klas IIB Mojokerto.

Sementara itu, Direktur RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari dr. Djalu Naskutub menjelaskan, jika pihaknya dalam tahapan awal penjemputan ini hanya melalukan pemeriksaan kesehatan ke lima WBP terlebih dahulu. 

"Jadi ini pemeriksaan dulu, bukan isolasi. Nanti jika ditemukan pneumia pada paru-paru mereka barulah dilakukan isolasi di RSUD, tapi kalau tidak ada akan di isolasi ke Puskesmas Gondang," imbuhnya, saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon.dwy

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU