•   Rabu, 23 Oktober 2019
Kediri

Liburan Sekolah, Pengunjung Wisata Goa Selomangleng Kota Kediri Meningkat

( words)
Salah satu pagelaran seni yang diberikan Disbudparpora Kota Kediri untuk meningkatkan pengunjung.


SURABAYAPAGI.com, Kediri - Musim liburan sekolah tahun ini, pengunjung wisata Goa Selomangleng Kota Kediri meningkat. Tercatat jumlah pengunjung naik hingga 100 persen ketimbang hari biasa.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, Nur Muhyar mengatakan, pada musim liburan kali ini sejumlah hiburan diberikan agar para wisatawan semakin betah.

"Di liburan sekolah ini jumlah pengunjung naik bisa sampai 100 persen. Kebanyakan mereka berlibur menghabiskan waktu liburan dengan keluarga," kata Nur Muhyar, Kamis (27/12/2018).

Ia mengatakan, berbagai macam hiburan yang diberikan pengunjung tetap disesuaikan ciri khas wisata Goa Selomangleng. Pasalnya, wisata tersebut merupakan situs peninggalan sejarah.

"Kami berikan pagelaran seni tradisi di Kediri seperti jaranan, tari tarian dan reog. Hal ini agar pengunjung juga terhibur. Kemarin saja saat liburan Natal pengunjungnya sehari bisa mencapai ratusan orang," ujarnya.

Walaupun jumlah pengunjung ke lokasi wisata Goa Selomangleng naik drastis saat liburan, Pemerintah Kota Kediri tidak menaikkan tarif masuk. Untuk tarif pengunjung yang dewasa tetap sebesar Rp 4 ribu per orang dan yang anak-anak Rp 2 ribu per orang.

Tal hanya itu, Pemerintah Kota Kediri juga sudah memperbaiki beberapa fasilitas di lokasi wisata. Hal itu agar pengunjung bisa lebih nyaman saat berwisata baik bersama keluarga ataupun saudara.

Sejumlah fasilitas seperti wahana permainan dan panggung hiburan diperbaiki. Bahkan ada taman dengan bunga yang indah, yang bisa dimanfaatkan untuk sarana berfoto serta bangunan watermark bertuliskan I Love Goa Selomangleng yang kini menjadi spot foto para pengunjung.

Dari pantauan dilokasi, pengunjung antusias menikmati pagelaran kesenian jaranan yang sering digelar Disbudparpora Kota Kediri di area panggung hiburan Goa Selomangleng. Ditambah, banyaknya wahana permainan di area tersebut membuat pengunjung yang berkunjung bersama anaknya semakin betah.

Meningkatnya pengunjung di musim liburan kali ini, Disbudparpora Kota Kediri juga menyiagakan personel kebersihan agar lokasi tetap terjaga. "Meski sedang ramai pengunjung, kami ingin lokasi tersebut tetap bersih dan nyaman," tandas Nur Muhyar. Can

Berita Populer