Libur Perkuliahan Sebabkan Ekonomi di Kota Malang Turun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 18 Nov 2020 11:01 WIB

Libur Perkuliahan Sebabkan Ekonomi di Kota Malang Turun

i

Suasana Kampus yang sepi akibat pandmei Covid-19. SP/ TI

SURABAYAPAGI.com, Malang - Libur perkuliahan mahasiswa akibat pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat Kota Malang. Kondisi itulah yang menyebabkan perputaran ekonomi di Kota Malang berkurang, Rabu (18/11/2020).

Kondisi pertumbuhan ekonomi tersebut diungkapkan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (UB) Malang, Nugroho Suryo Bintoro menjelaskan sejak aktivitas perkuliahan diliburkan dan diganti secara daring imbas pandemi Covid-19 memiliki andil besar terhadap keringnya perekonomian Kota Malang.

Baca Juga: Pemkot Malang Kebut Perbaikan Jalan Tuntas Sebelum Lebaran

Catatan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 ini, menyebutkan Kota Malang mengalami lima kali deflasi pada Maret, April, Agustus, September, dan Oktober 2020. Berbeda ketika pada Januari dan Februari disebutkan bahwa Kota Malang mengalami inflasi.

"Di Kota Malang ada sekitar 40 lembaga pendidikan. Mulai institut hingga universitas. Nah, keberadaan mahasiswanya itu menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Malang ini," ujarnya.

Hal tersebut diperkuat dengan ungkapan beberapa pemilik kos atau kontrakan di Kota Malang. Sebagian besar dari mereka memilih memberikan diskon besar-besaran kepada setiap orang ingin ngekos atau ngontrak.

Baca Juga: Kuota Mudik Gratis di Malang Sudah Full

Seperti dialami Heny, pemilik dua rumah kontrakan di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini. Dia mengaku terpaksa menurunkan harga kontrak menjadi Rp 9 hingga 8 juta dari sebelumnya Rp 13 hingga 15 juta dalam setiap tahun.

"Mau bagaimana lagi. Dua kontrakan ngak laku-laku sampai sekarang. Makanya, kalau ada yang cari. Biasanya saya promosikan dengan istilah harga edisi corona agar laku," ujar warga Kelurahan Lowokwaru, Kota Malang ini.

Baca Juga: Pemkot Malang Buka Posko Aduan THR 2024

Oleh karena itu, Nugroho menerangkan kondisi pertumbuhan ekonomi Kota Malang bisa pulih seperti semula ketika aktivitas perkuliahan di kampus-kampus normal kembali. Hal tersebut dikarenakan sudah banyak mahasiswa kembali ke Kota Malang untuk menuntut ilmu.

Meski demikian, aktivitas perkuliahan bisa normal kembali tentunya masih belum bisa. Hal tersebut dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 di Kota Malang belum selesai sampai sekarang. Sehingga, aktivitas perkuliahan secara daring atau online menjadi jalan satu-satunya. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU