•   Selasa, 31 Maret 2020
Peristiwa Nusantara

Lereng Jalan Tol Salatiga-Kartasura Ambrol

( words)


SURABAYAPAGI.com - Hujan yang terus turun mengakibatkan lereng jalan pada ruas Tol Salatiga-Kartasura kilometer 489 ambrol. Ruas tol itu baru dioperasikan pada 21 Desember 2018.
Menurut Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) Agus Setiawan, lereng jalan itu ambrol akibat tergerus air hujan. Menurutnya, kerusakan karena gerusan air hujan itu terjadi di lereng jalan sepanjang 20 meter.
"Benar, kerusakan sekitar 20 meter di lereng jalan. Badan jalan masih utuh, hanya lerengnya saja yang tergerus," ujarnya, Rabu (26/12).
Dia menyebut, lereng jalan itu bisa ambrol karena pengerjaan saluran gendong di ruas tol itu belum sempurna, sehingga belum berfungsi optimal. Karena traffic di ruas tol itu tinggi, pengerjaan saluran tersebut saat ini dihentikan.
"Lereng tergerus air hujan karena saluran gendong belum sempurna, keburu dibuka untuk umum dan traffic-nya tinggi sehingga pekerjaan dihentikan sementara," papar Agus.
Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi David Wijayatno menjelaskan, kerusakan pada lereng jalan itu terjadi pada 24 Desember 2018. Lokasi kejadian masih dapat dilalui 1 lajur kendaraan sehingga lalu lintas tetap lancar.
"Kami menjamin konstruksi jalan yang dibangun sesuai standar yang ditetapkan, kondisi lokasi kejadian lalu lintas lancar dan aman," jelasnya.

Adapun ruas Tol Salatiga-Kartasura (32,54 km) merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo yang dikelola oleh Jasa Marga. Selain Tol Salatiga-Kartasura, Tol Semarang-Solo terdiri atas Tol Semarang-Ungaran (10,85 km), Tol Ungaran-Bawen (11,95 km), dan Tol Bawen-Salatiga (17.6 km). kp

Berita Populer