Lelang Peninggalan Stephen Hawking Hasilkan Rp 22 M

SURABAYAPAGI.com - Beberapa barang peninggalan mendiang Stephen Hawking dilelang melalui rumah lelang Christie’s pada Kamis (8/11) di London, Inggris. Barang-barang peninggalan Hawking ini berhasil terjual dengan harga fantastis, yaitu secara total menghasilkan Rp 22,6 miliar.

Salah satu barang peninggalan Hawking yang dilelang adalah kursi roda elektrik berwarna merah yang kerap digunakan oleh salah satu ilmuwan tercerdas di dunia ini semasa hidupnya. Kursi roda elektrik ini terjual dengan harga hampir 300 ribu poundsterling atau sekitar Rp 5,7 miliar.

"Stephen Hawking merupakan pribadi besar yang dikenal dunia. Beliau memiliki kemampuan luar biasa untuk terhubung dengan orang-orang," ungkap Kepala Departemen Buku dan Manuskrip dari rumah lelang Christie’s London Thomas Venning seperti dilansir CNA Lifestyle.

Barang-barang peninggalan Stephen Hawking ini dilelang secara daring dalam periode waktu sembilan hari. Lelang daring bertajuk On the Shoulders of Giants ini juga melelang beberapa barang peninggalan seperti surat dan manuskrip dari Isaac Newton, Charles Darwin dan Albert Einstein.

Seluruh dana yang didapatkan melalui lelang ini akan digunakan untuk keperluan amal. Dana amal ini akan disalurkan kepada Stephen Hawking Foundation dan Motor Neurone Disease Association.

Peninggalan Hawking lain yang dilelang oleh Christie’s adalah sebuah disertasi karya Hawking yang berjudul Properties of Expanding Universes. Disertasi setebal 117 halaman yang dibuat pada 1965 ini terjual dengan harga 584.750 poundsterling atau sekitar Rp 11,2 miliar. Harga lelang ini jauh melebihi ekspektasi sebelumnya yaitu 150 ribu poundsterling.

Ada beberapa barang peninggalan Hawking lain yang juga dijual melalui rumah lelang Christie’s. Barang-barang tersebut meliputi essai, medali, penghargaan hingga salinan buku karya Hawking yaitu Brief History of Time.

Medali dan penghargaan milik Hawking terjual dengan harga 296.750 poundsterling atau sekitar Rp 5,7 miliar. Harga jual ini juga jauh melebihi ekspektasi dari yang sebelumnya 15 ribu poundsterling.