•   Selasa, 7 April 2020
Internasional

Ledakan Tabung Gas saat Pesta Pernikahan di India

( words)
Tim penyelamat mencari korban


SURABAYAPAGI.com - Sebuah tabung gas meledak di tengah pesta pernikahan yang digelar di India, Jumat (16/2/2018) malam. Ledakan tersebut membuat bangunan hotel runtuh dan memicu kebakaran besar.
Dilaporkan AFP, ledakan terjadi di sebuah hotel di kota Beawar, negara bagian Rajasthan. Upaya pencairan dan penyelamatan korban langsung dilakukan.
Pada Sabtu (17/2/2018) ditemukan sembilan jenazah korban. Namun pada Minggu (18/2/2018) jumlah korban berlipat menjadi 18 tewas, termasuk wanita dan anak-anak.
"Sampai saat ini 18 korban tewas ditemukan, sementara lima orang dengan luka bakar parah dirawat di rumah sakit," kata pejabat administratif senior di distrik Ajmer, Gaurav Goyal kepada AFP.
Akibat ledakan disertai kebakaran, gedung berlantai tiga tempat berlangsungnya pernikahan menjadi rata dengan tanah. Upaya pencarian korban masih dilakukan dengan mencari di bawah reruntuhan gedung.
Saksi mata yang selamat mengatakan kepada penyiar lokal NDTV, ledakan terjadi saat juru masak tengah mencoba mengganti tabung gas.
Menteri Utama Rajasthan, Vasundhara Raje mengunjungi para korban selamat yang dirawat di rumah sakit. Pihaknya juga mengumumkan, pemerintah akan memberikan kompensasi kepada keluarga korban tewas masing-masing 200.000 rupee (sekitar Rp 41 juta).
"Insiden ledakan tabung gas yang terjadi di tengah upacara pernikahan di Beawar adalah sebuah mimpi buruk," tulis Raje di akun media sosial Twitter-nya.
Insiden ledakan yang disebabkan tabung gas termasuk sering terjadi di India. Rendahnya standar keamanan turut menyebabkan banyaknya ledakan akibat tabung gas tersebut, meskipun yang menimbulkan korban massal jarang terjadi. (kp/cr)

Berita Populer