•   Rabu, 29 Januari 2020
UKM & UMKM

Layanan Baru, WhatsApp Permuda UMKM

( words)
Seseorang yang tengah menikmati kemudahan berbelanja secara online. SP/kp


SURABAYAPAGI.COM,Jakarta – Sebagai layanan chatting terpopuler, aplikasi WhatsApp terus meningkatkan kualitasnya dengan menghadirkan fitur atau layanan baru yang mempermudah penggunannya. Apalagi saat ini sedang tren berjualan atau berbisnis online.

Salah satu firur baru WhatsApp kali ini menyasar para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan fitur baru WhatsApp Bussiness, Katalog yang bisa mengunggah 500 foto produk atau jasa di WhatsApp Bussiness.

Direktur Komunikasi WhatsApp Asia-Pasifik Sravanthi Dev mengatakan, orang-orang senang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelaku usaha favorit mereka. Namun, saling mengirim banyak pesan dan foto untuk mendapatkan informasi produk tidaklah efisien.

“Menanggapi hal itu, kami meluncurkan katalog untuk memudahkan para pebisnis kecil menciptakan etalase secara mobile. Itu akan membantu mereka untuk menampilkan dan membagikan informasi produk kepada para pelanggan. Pelanggan juga akan dengan mudah menjelajah dan menemukan sesuatu yang hendak dibeli,” ujarnya di Jakarta, Selasa (3/12).

Meski bermaksud untuk mempermudah, layanan ini juga memerlukan beberapa langkah yang harus dipahami oleh setiap pengguna terutama pelaku usaha terutama adalah tahap mempersiapkan galeri foto produk dan jasa mereka dengan lengkap dan konsisten yang mana tahap ini memerlukan perhatian ekstra. Karena itu, WhatsApp menyelenggarakan pelatihan fotografi pemasaran bagi para pebisnis kecil.

Melalui fitur katalog, pelaku bisnis dapat mengunggah maksimal 500 foto produk atau jasa. Aplikasi pesan milik Facebook itu juga akan selalu memudahkan pelanggan tetap dan calon pelanggan untuk menelusuri produk maupun jasa sebuah bisnis serta tetap terhubung dengan bisnis tersebut.

Pemilik Pia Saronde Gorontalo Sakinah sangat terbantu dengan kehadiran katalog di WhatsApp Business. Dia berharap, dengan fitur itu, produknya semakin mudah dilihat pembeli.

Berita Populer