Landmark Tugu Lontar Diresmikan

SURABAYAPAGI.COM, Gresik- Satu lagi tetenger (landmark) di Gresik diresmikan. Adalah Tugu Lontar yang baru diresmikan, Rabu (7-Agustus-2019 ) tepat pukul 20.30 Wib.

Tugu setinggi 11,8 meter tersebut merupakan hibah dari PT Smelting Gresik, yang merupakan perusahaan smelter asal Jepang.

Dalam sambutannya, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan bahwa Tugu lontar ini sesuatu yang spesial dari sisi desain, mencerminkan bersatunya dua peradaban besar, yakni Jepang dan Indonesia.

"Desainnya mengandung unsur kerajinan daun lontar yang telah mentradisi sejak fahulu kala di Bumi Gresik, bahkan daun lontar digunakan media tulis , sedangkan unsur seni origami merupakan seni asli jepang," ujarnya.

"Tidak hanya itu ,warna emas metalik merupakan simbol kemajuan peradaban,serta kemakmuran sebuah bangsa," imbuh bupati gresik 2 periode tersebut.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Smelting Gresik, Hiroshi Kondo menyebut, bangunan landmark tugu lontar tersebut sebuah bentuk kebanggan PT Smelting atas Kerjasama dengan Indonesia selama ini, khususnya pemerintah kabupaten Gresik.

Sebagaimana diketahui, beberapa perusahaan di kabupaten Gresik telah bekerja sama dengan pemkab Gresik membangun landmark dalam rangka mempercantik wajah kota Gresik.

Pada 16 juli lalu misalnya, Tugu landmark Keris Sumilang Gandring yang di bangun dari Hibah PT Wilmar Gresik.

Bupati Gresik juga menyatakan akan terus Berkomunikasi dengan perusahaan di gresik baik PMA maupun PMDN untuk bersama sama mempercantik sudut sudut kota Gresik.

"Tidak hanya smelting, kedepan ada beberapa perusahaan yang sudah menyatakan niatnya untuk membangun beberapa landmark di Kabupaten Gresik," tuturnya.

Turut Hadir dalam acara peresmian tersebut, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Wabup Moh Qosim, Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim, Presidem Direktur PT Smelting Hiroshi Kondo dan kakaran muspida kabupaten Gresik.

Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan prasasti pembangunan Tugu Lontar oleh bupati Gresik dan Presiden direktur PT Smelting Hiroshi Kondo dan ditutup lontaran kembang api.abd