Kualitas Udara Buruk Selama Sepekan Hantui Bangkok

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 22 Jan 2020 09:45 WIB

Kualitas Udara Buruk Selama Sepekan Hantui Bangkok

SURABAYAPAGI.COM, -Bangkok, Thailand polusi udara disana tercatat terparah dalam kurun waktu lebih dari sepekan terakhir. Departemen Pengendalian Polusi, Pralong Damrongthai mengatakan polusi udara disebabkan emisi kendaraan dan aktivitas lainnya.
Kandungan Particulate Matte (PM) 2,5 Bangkok pada Senin (20/1) siang tercatat mencapai 95 mikrogram per meter kubik dan masuk kategori tidak sehat. Level maksimal yang dianggap aman oleh pemerintah yakni 50 mikrogram/m3.
PM 2,5 adalah senyawa partikel berukuran kurang dari 2,5 mikrometer. Partikel ini mengancam kesehatan masyarakat karena bisa masuk ke paru-paru hingga jantung manusia. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Institut Nasional untuk Administrasi Pembangunan menunjukkan 81 persen dari 1.256 warga setempat mengatakan upaya pemerintah tidak efektif menyelesaikan masalah polusi udara. Hanya 2,7 persen responden yang mengatakan upaya pemerintah efektif.

Departemen Pengendalian Polusi pada Oktober lalu merilis rencana nasional setebal 52 halaman untuk mengatasi polusi udara. Namun tidak diketahui seberapa banyak upaya yang telah diimplementasikan.

Sebagian besar rencana pemerintah membahas pedoman dan kemungkinan tindakan pencegahan serta cara mengukur polutan. Greenpeace mengatakan kondisi polusi udara yang tengah terjadi di Thailand menunjukkan upaya pemerintah gagal.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU