KPU Sidoarjo Tetapkan DPTB Sebanyak 3.453 Pemilih

SURABAYA PAGI, Sidoarjo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo akhirnya menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB). Para pemilih tambahan ini bakal menyalurkan aspirasinya di Sidoarjo setelah disepakati dalam rapat pleno di KPU Sidoarjo.
"Hasil rapat pleno menyepakati, ada sebanyak 3453 pemilih tambahan yang akan menyalurkan hak pilihnya di Sidoarjo saat pemilu 17 April 2019 besok," terang Komisioner KPU Sidoarjo, Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Abdillah Adhi, kemarin.
Pria yang akrab dipanggil Adhi ini meguraikan jumlah pemilih tambahan hasil rekapitulasi ini tergolong sangat besar. Alasannya karena banyak terdapat tempat yang di dalamnya banyak pemilih yang berasal dari luar kota.
"Misalnya diantaranya ada dua Lapas dan satu Rutan di Sidoarjo. Oleh karena itu, Sidoarjo menjadi penyumbang terbesar jumlah pemilih dengan kategori pemilih pindahan," imbuhnya pasca pleno.
Sementara itu, kata Adhi data menyumbang besar DPTB adalah pondok pesantren, PJTKI, rumah sakit dan asrama. Selain itu juga pengungsi orang syiah asal Sampang (Madura) yang saat ini berada di Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo.
"Misalnya pengungsi Syiah. Secara legal mereka ini orang berkependudukan Sampang. Tapi logikanya mereka itu bukan orang Sidoarjo tapi bisa memilih di Sidoarjo," tandasnya. sg