•   Minggu, 15 Desember 2019
Pemilu

KPU Sidoarjo Genjot Sosialisasi DPTb

( words)
Komisioner KPU M Iskak saat sosialisasi formulir A5 di depan calon TKI


SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Mendekati Pemilu 17 April 2019, KPU Sidoarjo giat melakukan sosialisasi. Setelah menyasar Pondok Pesantren dan Rumah Sakit, kini giliran calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengikuti pelatihan di BLKLN Surya Pasifik Jaya Buduran mendapatkan sosialisasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan penggunaan formulir A5, Rabu (13/2/2019). Selain kepada para calon TKI, KPU juga melakukan sosialisasi ke karyawan RS Anwar Medika Krian dan RS Mitra Keluarga Waru.
Sebanyak 150 TKI yang sebagian besar perempuan ini, diberikan pencerahan untuk bisa memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2019 nanti.
Di depan para TKI ini, Komisioner KPU Sidoarjo Moch.Iskak yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini, kembali menerangkan bagaimana cara penggunaan formulir A5 untuk para TKI ini.
“Dengan mengunakan formulir A5 ini, maka para tenaga kerja yang berasal dari wilayah luar Sidoarjo tetap menggunakan hak pilihnya,” ujar Iskak.
Untuk mempermudah para pekerja dari luar daerah ini dalam menggunakan formulir A5, KPU Sidoarjo akan berkordinasi dengan managemen PT Surya Pasifik Jaya untuk pendataan.
“Setelah data pastinya sudah ada, kita akan berikan formulir A5 sekaligus cara mengisinya kepada para pekerja,” ulas Iskak.
Jika melihat pengalaman Pemilu tahun 2014 silam, para calon TKI ini memberikan hak pilihnya di TPS 15 Buduran.
Mereka mendapatkan formulir panggilan, untuk memberikan hak pilihnya pada pelaksanaan pemilu lalu.
Jika pada pemilu 2019 ini jumlah calon TKI yang menggunakan formulir A5 mencapai 150 orang, maka kemungkinan akan dibuatkan TPS DPTb di area perusahaan. sg

Berita Populer