•   Jumat, 22 November 2019
SGML

KPU Lamongan Temukan Ribuan Surat Suara Pilgub Jatim Rusak

( words)
Petugas sortir saat menyortir surat suara Pilgub Jatim di Kantor KPU Lamongan. FOTO: SP/ MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Dua hari surat suara Pilgub Jatim oleh KPU Lamongan telah dilakukan penyortiran yang melibatkan 84 tenaga sortir. Hasilnya ditemukan ada ribuan kertas suara yang rusak.Penyortiran surat suara yang dilakukan sejak Sabtu (26/5/2018) hingga Selasa (29/5/2018) kemarin, seperti yang disampaikan oleh Komisioner Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Lamongan, Dewi Maslahatul, Jum’at (1/6/2018), terdapat ribuan surat suara yang mengalami kerusakan. "Dari hasil sortir itu ditemukan surat suara rusak 1.123,”ujarnya.
Dewi memaparkan, verifikasi surat suara agar sewaktu pencoblosan tidak ada masalah ini, mengalami kerusakan bermacam-macam. “Jadi ada yang robek, ada yang tidak simetris potongannya, ada yang kena bercak tinta, ada yang nggak ada gambarnya, ada yang gambarnya kebalik, dll,” ucap Dewi.
Di penyortiran yang melibatkan 80 tenaga ini, dikatakan Dewi, tak hanya surat suara yang mengalami kerusakan. Namun, KPU Lamongan juga menemukan box yang isinya kurang dari 2000. “Ada yang kurang 100, ada yang kurang macam-macam. Total kekurangan isi box itu 785,” ujarnya.
Untuk di ketahui, KPU Kabupaten Lamongan mendapat kiriman 534 box surat suara, dengan rincian per box berisi 2000 surat suara. “Kebutuhan surat suara Lamongan 1.066.954,” tuturnya.
Ia melanjutkan, dengan penyortiran yang telah selesai ini, maka selanjutnya KPU Lamongan sudah merekapitulasinya, untuk dilaporkan dan diserahkan ke KPU Provinsi Jatim. “Sehingga kekurangan yang dimintakan nanti ke provinsi sebagai pengganti adalah sejumlah 1.906,” kata Dewi.
Untuk selanjutnya, KPU Lamongan akan menunggu proses pengadaan selanjutnya dari provinsi untuk kekurangan surat suara dan perbaikan surat duara yang rusak. “Kemudian nanti kami rencanakan proses seting dan packing itu setelah lebaran, jadi nanti H-5 itu semuanya sudah ada di PPK, H-3 sudah di PPS, dan H-1 sudah siap semuanya di TPS,” ucap Dewi.
Lebih jauh, langkah terdekat, Dewi menjelaskan, untuk tahap selanjutnya, KPU Lamongan, akan meluncurkan bilik dan kotak suara ke tingkat PPK pada, Jumat ini (1/6/2018).jir

Berita Populer