KPU Lamongan Sasar Siswa SMA, Ajak Mereka Tidak Golput

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Adanya upaya gerakan untuk tidak memilih dalam Pemilu 17 April 2019 yang mulai digulirkan, langsung direspon oleh penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan.

Sosialisasipun terus digerakkan, seperti yang dilakukan terhadap ratusan siswa SMA N 1 Babat, pada Kamis (28/3/2019). Sosialisasi dengan menyasar pemilih pemula ini, KPU mengajak agar siswa menggunakan hak pilihnya.

"Sebagai warga negara yang taat, tentu harus ikut mensukseskan pemilu adalah menjadi kewajiban kita apalagi generasi milenial seperti saat siswa ini," ujar MH. Fatkhur Rohman Komisioner KPU Lamongan selaku komisioner KPU Lamongan divisi SDM dan Parmas.

Meskipun lanjutnya, tidak memilih adalah menjadi hak individu masing-masing. Tapi dari kaca mata bernegara hal yang demikian itu tidak baik. Karena itu ia menegaskan pemilu mendatang adalah ajang demokrasi 5 tahunan, untuk memilih pemimpin yang baik dan berkualitas.

"Adik-adik siswa jangan lewatkan untuk ikut andil menentukan arah masa depan negara ini, salah satunya untuk datang ke TPS dan mencoblos calon pemimpin sesuai dengan hati nurani," ajaknya.

Sekedar diketahui bahwa KPU kabupaten Lamongan dengan Relawan Demokrasi KPU kabupaten Lamongan gencar sosialisasi ke semua basis- basis seperti basis pemilih perempuan, pemilih pemula, pemilih muda, disabilitas, komunitas, basis keluarga, basis warga internet, basis marginal, keagamaan, basis yang berkebutuhan khusus dan juga basis adat kebudayaan.

Sementara itu, Valentia Berlian Siswi kelas XII SMAN Babat yang sudah terdaftar di DPT menuturkan senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh KPU Lamongan, akhirnya dia mengetahui jenis surat suara, bagaimana cara mencoblos yang benar, suara sah dan tidak sahnya juga bagaimana, jumlah kursi DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten Lamongan.

"Menurut saya KPU harus terus menyasar pemilih pemula dan pemilih milenial agar mereka tidak golput dan hadir di TPS nantinya," pungkas vokalis band sekolah asal Dusun Podang Kecamatan Babat ini. jir