•   Sabtu, 16 November 2019
Kediri

KPU Kota Kediri Optimis Setting Packing Logistik Selesai Sebelum Coblosan

( words)
Petugas KPU Kota Kediri saat melakukan packing surat suara di Kantor KPU Kota Kediri. Foto: SP/Duchan


SURABAYAPAGI.com, Kediri - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri optimis setting packing atau pengepakan logistik mulai surat suara dan kotak suara selesai sebelum coblosan 17 April besok.

"Mulai Kamis kemarin kita sudah melakukan setting packing. Kita awali dari Kecamatan Pesantren," ujar Komisioner KPU Kota Kediri, Moh. Wahyudi, Jumat (5/4/2019).

Dalam setting packing tersebut KPU Kota Kediri melibatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) tiap kecamatan yakni Kecamatan Pesantren, Kecamatan Kota dan Kecamatan Mojoroto. Para petugas tersebut membantu KPU dalam melakukan setting packing mulai sampul, formulir hingga surat suara.

Untuk memenuhi target packing logistik sebelum pendistribusian, KPU meminta bantuan tiap PPS di tiap kecamatan dengan mendatangkan petugasnya sesuai jumlah TPS diwilayahnya.

"Target kita 10 hari selesai, jadi H-1 coblosan sudah siap. Untuk menyelesaikan ini nanti tiap PPS mendatangkan orang yang jumlahnya berbeda-beda sesuai jumlah TPS-nya. Alokasinya tiap kecamatan bisa selesai dalam 3 hari, dan satu harinya untuk droping ke kelurahan tanggal 16 April besok," ucap Wahyudi.

Selain itu untuk antisipasi kerusakan logistik, KPU Kota Kediri mendirikan dua tenda untuk penyimpanan logistik Pemilu. Dua tenda dengan alas palet tersebut dapat mampu menampung 1.000 kotak suara.

Sementara jelang pendistribusian logistik hingga saat ini KPU Kota Kediri belum mendat ganti surat suara rusak sebanyak 200 lembar. Antara lain 140 lembar surat suara DPRD Provinsi Jawa Timur dan 60 lembar surat suara DPRD Kota Kediri.

Diketahui kerusakan ratusan surat suara itu disebabkan karena kesalahan cetak. Pada surat suara rusak tersebut terdapat tinta yang menempel pada gambar partai lain.

"Untuk totalnya kerusakan kita belum bisa memastikan yang jelas prinsipnya yang paling banyak surat suara DPRD Provinsi. Meski demikian untuk pihak pencetak sanggup menganti dengan mencetak ulang dan selesai sebelum batas packing," pungkasnya. Can

Berita Populer