KPU Blitar Gelar Sidang Pleno Penetapan Nomor Urut Paslon

Para paslon Bupati dan wakil bupati Blitar menunjukkan nomor urut dalam Pilkada serentak Desember nanti. SP/Les

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menetapkan paslon Bupati dan Wakil Bupati Blitar yakni Paslon Bupati/wakil Riyanto-Marhenis serta paslon Mak Rini-Santoso pada Selasa (23/9) kemarin, kini giliran KPU melakukan undian nomor urut untuk kedua paslon pada Kamis ( 24/9) di gedung kantor KPU Kabupaten Blitar di Jalan Raya Garum Kab Blitar.

Penentuan nomor urut mendapat pengamanan ketat dari puluhan petugas Kodim 0808 dan Polres Blitar.

"Hari ini Kamis (24/9) kita melakukan undian nomor urut kedua paslon untuk pelaksanaan pilkada pada 9 Desember mendatang, setelah kedua paslon lolos dalam tahapan kelolosan dari bapaslon menjadi paslon," kata Hadi Ketua KPU Kab Blitar pada wartawan.

Dalam pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) peserta pemilihan bupati dan wakil bupati,  pasangan Rijanto-Marhaenis Urip Widodo sebagai Paslon nomor urut 1, sedangkan Paslon  Mak Rini Syarifah -Rahmat Santoso sebagai Paslon nomor urut 2.

Kedua pasangan calon memaknai nomor urut ini berbeda-beda. Dari kubu Mak Rini-Rahmat Santoso mengaku tidak penting mendapatkan nomor urut berapa, namun yang terpenting adalah memenangkan pilkada dan membawa perubahan untuk Kabupaten Blitar.

"Yang penting target kita untuk  menang dan membawa perubahan di  Kabupaten Blitar. Namun kalau boleh sedikit memaknai nomor urut ini, menurut kami artinya 1 itu satu periode, 2 tentunya dua periode," ujar Mak Rini usai pengundian nomor urut berfilsafat.

Sementara paslon petahana Rijanto-Marhaenis mengaku nomor 1 adalah nomor keberuntungan, yang artinya satu kali lagi. 

"Ini nomor keberuntungan, artinya satu kali lagi atas kehendak Allah," kata Rijanto.

Usai pengundian nomor urut, kedua paslon, tim pemenangan, beserta KPU dan Bawaslu Blitar dan aparat TNI-Polri menggelar deklarasi Pilkada Damai di halaman kantor KPU Kota Blitar. Deklarasi damai tersebut ditandai dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian.

Perlu diketahui, Mak Rini-Rahmat Santoso diusung tiga partai yakni PKB, PAN, dan PKS. Sedangkan Paslon  Rijanto-Marhaenis diusung 6 Parpol, yakni PDIP, Nasdem, Demokrat, Golkar, Gerindra, dan PPP. Les