KPPN Surabaya 1 Gelar Sosialisasi Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Sem

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya 1 ( KPPN Surabaya 1) menyelenggarakan Sosialisasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester 1 Tahun 2019 di Aula Majapait Lantai I Gedung Keuangan Negara I Jalan Indrapura Nomor 5 Surabaya.

Pada acara Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester 1 ini disampaikan beberapa evaluasi mengenai Pelaksanaan KKP serta Implementasi Piloting SAKTI Satker tahap III/D tahun 2019.

Sebanyak 82 satker yang sudah wajib KKP di wilayah kerja KKPN Surabaya 1, tidak semua satker diwajibkan untuk KKP. Satker yang tidak mempunyai UP serta Satker yang memenuhi kriteria namun tidak terdapat penyedia barang/jasa, dapat menerima pembayaran dengan kartu kredit pemerintah, dan memiliki pagu jenis belanja satker yang dapat dibayarkan melalui UP sampai dengan Rp 2,4 miliar.

"Kartu kredit pemerintah sesuatu yang baru, dengan adanya kartu kredit pemerintah ini membatasi uang tunai 60% dan 40% kartu kredit. Alhamdulillah dari semua satker, ada 82 satker yang wajib sudah menerapkan. Kami apresiasi kepada semua satker, khususnya yang wajib menggunakan KKP sampai 30 Juni 2019 semuanya sudah berproses," ujar Faradiba Arbi selaku Kepala KPPN Surabaya 1.

Kartu Kredit Pemerintah ini dirasa lebih efektif dan transparan. Kartu Kredit Pemerintah ini digunakan satker untuk keperluan-keperluan perjalanan dinas dan bembelian perlengkapan peralatan kantor seperti ATK.

Dalam kesempatan ini disampaikan juga mengenai piloting SAKTI. Telah dilakukan beberapa kali piloting SAKTI antara lain piloting III/A khusus Direktorat Jendral Perbendaharaan, piloting III/B DJKN dan KPTIK, piloting III/C Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai. Sedangkan untuk satker K/L yang lain akan dilakukan pada akhir tahun 2019 ini.

Dalam Sosialisasi Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester 1 tahun 2109 ini sebanyak 40 satker berkinerja baik sekali dengan nilai lebih dari 95. Sebanyak 29 satker berkinerja baik dan 56 satker yang berkinerja cukup.
**foto**
"Secara keseluruhan satker telah berkinerja dengan baik, di samping itu ada 10 penghargaan yang diberikan untuk satker yang berkinerja dengan baik," imbuh Faradiba.