•   Minggu, 15 Desember 2019
Internasional

Korsel Sambut Ajakan Dialog Kim Jong-un

( words)
Presiden Korsel, Moon Jae-in


Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in menyatakan Seoul tetap berkomitmen untuk menjatuhkan sanksi lebih lanjut kepada Korea Utara (Korut), yang ditujukan untuk membalikkan ambisi nuklir negara tetangga Korsel itu. SEOUL, Kim Gyo Yul.
Jae-in menyatakan, dia sangat menyambut tawaran dialog dari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Jae-in bahkan telah menyerukan agar pemerintahnya "segera" bertindak atas tawaran dialog tersebut.
"Saya melihat ucapan Kim Jong-un tentang mengirim delegasi Korut ke Olimpiade PyeongChang dan mengadakan dialog tingkat pemerintahan sebagai tanggapan atas usulan kami untuk mengubah (permainan) menjadi sebuah kesempatan terobosan untuk memperbaiki hubungan Utara-Selatan dan membangun perdamaian," ucap Jae-in, seperti dilansir Anadolu Agency.
"Perbaikan hubungan antar-Korea mungkin tidak berpisah dari (upaya) untuk menyelesaikan masalah nuklir Korut, jadi saya meminta Kementerian Luar Negeri untuk secara dekat berkonsultasi dengan sekutu dan masyarakat internasional sehingga kita dapat mendorong perbaikan dalam hubungan antar Korea dan resolusi masalah nuklir Korut pada saat bersamaan," sambungnya.
Sebelumnya diwartakan, Jong-un dalam pesan tahun barunya mengajak Korsel untuk berdialog. Dia menuturkan, agar tercipta perdamaian di Semenanjung Korea diperlukan upaya bersama.
Jong-un menyatakan, ketika menyangkut hubungan Utara-Selatan, semua pihak harus menurunkan ketegangan militer di Semenanjung Korea untuk menciptakan lingkungan yang damai.
"Baik Utara maupun Selatan, harus melakukan upaya. Alih-alih mendorong langkah Amerika Serikat (AS) yang mengancam keamanan dan ketenangan semenanjung Korea, Seoul seharusnya menanggapi tawaran dari Korut," ucap diktator muda Korut itu. 06

Berita Populer