•   Kamis, 12 Desember 2019
BisnisUkm

Koperasi Digital jadi Angin Segar untuk Permodalan UMKM

( words)


SURABAYAPAGI.com - Iklim bisnis UMKM di Indonesia saat ini nampaknya tengah mengalami masa keemasan. Pasalnya, akses permodalan yang ada bagi kalangan itu kini dapat diakses dengan mudah.
Salah satu yang bisa menjadi angin segar adalah konsep Koperasi Digital. Gagasan yang baru muncul pertama kali di Indonesia ini merupakan bagian dari Koperasi Cakradara Dana Mandiri milik Danaprospera.
"Ini merupakan langkah kami dari terus berupaya untuk memunculkan inovasi-inovasi baru dalam sistem teknologi finansial, khususunya bagi permodalan UMKM," kata Aldi Ferdian selaku CEO Danaprospera.
"Kami akan mengembangan kemandirian ekonomi inklusi, serta meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat. Mengusung prinsip mudah, aman, bermanfaat, semua orang bisa melakukan pendanaan kepada Mitra Usaha Danaprospera," tambahnya.
Lebih lanjut, Aldi mengungkapkan jika saat ini komunitas bisnis sebagai salah satu wadah pelaku usaha memiliki peranan penting dalam pengembangan UMKM. "Mereka diharapkan dapat memberikan manfaat bagi tiap anggotanya. Salah satunya melalui kemudahan akses permodalan, dan disini lah danaprospera berperan menjembatani kebutuhan manfaat tersebut," tegasnya.
Untuk itu, Aldi mengungkapkan jika saat ini Danaprospera telah hampir merampungkan skema kerjasama dengan HIPMI Surabaya demi memuluskan mimpi yang ada. Bahkan, Danaprospera menjadi salah satu sponsor utama bagi kegiatan pelantikan pengurus HIPMI Surabaya yang digelar pada Hari Kamis (27/6/2019).
"Kami saat ini mempersiapkan MOU kolaborasi bersama HIPMI Surabaya melalui Fitur Rekening Komunitas. Hanya dengan anggota komunitas membuka tabungan bermodal minimal 100 ribu rupiah, maka anggota dapat langsung berinvestasi ke sektor riil UMKM. Beberapa keunggulan dari rekening komunitas yakni mendapatkan Refferal Code hingga website khusus yang memudahkan anggota komunitas untuk berinvestasi, adanya platform pinjaman bagi anggota komunitas, hingga keterlibatan komunitas dalam memberikan bantuan sosial di lingkungan sekitarmu (CSR)," bebernya.
"Kami memiliki tujuan yang sangat baik mengajak komunitas maupun institusi lainnya untuk bergabung sehingga mereka bisa mendapat manfaat bersama, hal ini tentunya akan berdampak terangkatnya citra koperasi tradisional ke media digital,” pungkas Aldi. Alq

Berita Populer