Kontraksi Ekonomi Singapura Cadangkan Dana $ 33,2 Miliar Ditengah Corona

SURABAYAPAGI.com, Singapura - Untuk mendanai langkah-langkah baru, pemerintah akan menarik hingga 17 miliar dolar Singapura ($ 11,78 miliar) dari cadangan negara. Jumlah pasti cadangan Singapura adalah rahasia negara, tetapi berbagai perkiraan telah menempatkannya pada ratusan miliar dolar AS.

Ini hanya kedua kalinya Singapura mencelupkan ke dalam cadangannya. Pertama kali melakukannya adalah pada tahun 2009, selama krisis keuangan global, ketika pemerintah menarik 4,9 miliar dolar Singapura ($ 3,40 miliar).

Singapura telah menyisihkan 48 miliar dolar Singapura ($ 33,17 miliar) untuk mendukung bisnis dan rumah tangga setelah perkiraan awal resmi menunjukkan ekonomi Asia Tenggara menyusut lebih dari yang diperkirakan pada kuartal pertama tahun ini.

Pengeluaran tambahan untuk stimulus datang hanya sebulan setelah negara itu mengumumkan 6,4 miliar dolar Singapura (4,4 miliar dolar AS) tindakan ekonomi dan perawatan kesehatan untuk mengatasi pandemi coronavirus yang sedang berlangsung. Bersama-sama, kedua paket dukungan tersebut menyumbang sekitar 11% dari produk domestik bruto Singapura.

"Ini adalah paket penting dan respons yang diperlukan untuk situasi yang unik," kata Heng Swee Keat, wakil perdana menteri dan menteri keuangan Singapura, dalam pidato di parlemen, Kamis.

Untuk mendanai langkah-langkah baru, Heng mengatakan pemerintah akan menarik hingga 17 miliar dolar Singapura ($ 11,78 miliar) dari cadangan negara. Presiden Singapura Halimah Yacob, dalam pesan tertulis yang dibacakan oleh pembicara parlemen, mengatakan bahwa dia telah memberikan persetujuan prinsipnya untuk penggunaan cadangan.

Jumlah pasti cadangan Singapura adalah rahasia negara, tetapi berbagai perkiraan telah menempatkannya pada ratusan miliar dolar AS.

Ini hanya kedua kalinya Singapura mencelupkan ke dalam cadangannya. Pertama kali melakukannya adalah pada tahun 2009, selama krisis keuangan global, ketika pemerintah menarik 4,9 miliar dolar Singapura ($ 3,40 miliar).

Langkah-langkah baru yang diumumkan oleh Heng termasuk subsidi upah untuk membantu bisnis mempertahankan pekerjanya, menunda pembayaran pajak penghasilan untuk perusahaan dan wiraswasta, serta pembayaran tunai kepada warga Singapura.

Heng juga memperkenalkan dukungan tambahan untuk sektor-sektor tertentu yang sangat terpukul oleh wabah koronavirus, termasuk penerbangan, pariwisata, transportasi darat dan industri seni dan budaya.

Sektor penerbangan akan mendapatkan 350 juta dolar Singapura ($ 243,26 juta) dukungan tambahan, sementara maskapai penerbangan Singapore Airlines akan mengumumkan "aksi korporasi" dengan dukungan dari perusahaan investasi negara Temasek Holdings, menteri menambahkan.

Singapore Airlines memangkas kapasitas penumpangnya hingga 96% hingga akhir April. Perdagangan saham maskapai di Singapore Exchange dihentikan pada hari Kamis, sambil menunggu pengumuman.

Kontraksi ekonomi Singapura

Singapura adalah salah satu yang paling awal di luar Tiongkok yang melaporkan kasus penyakit ini, yang secara resmi bernama COVID-19. Negara itu mencatat lompatan harian terbesarnya dari 73 kasus yang dikonfirmasi pada hari Rabu, sehingga totalnya menjadi 631, termasuk dua kematian.

Sebelum pengumuman stimulus, Singapura merilis perkiraan awal kinerja ekonomi kuartal pertama. Negara ini adalah salah satu negara pertama yang merilis data produk domestik bruto, memberikan sekilas tentang bagaimana wabah virus dapat mempengaruhi ekonomi global.

Ekonomi Singapura mengalami kontraksi 2,2% tahun-ke-tahun dan 10,6% kuartal-ke-kuartal pada kuartal pertama, kata Kementerian Perdagangan dan Industri. Kontraksi tahun-ke-tahun adalah yang terdalam di Singapura pada tahun 2009 selama krisis keuangan global.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan ekonomi Asia Tenggara mengalami kontraksi 1,5% tahun-ke-tahun dan 6,3% kuartal-ke-kuartal.(cnn/reuters/cr-02/dsy)