Komisi XI DPR RI Dorong Sektor UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Komisi XI DPR RI dorong sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di musim pandemi Covid-19. SP/ Julian

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dalam mendorong sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Komisi XI DPR RI terus mendukung untuk bangkit dari terpurungnya pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Seperti yang dikatakan Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia, jika sektor UMKM bangkit maka ekonomi Indonesia bisa selamat dari ancaman krisis.

"Karena Pendapatan Domestik Bruto (PDB) kita 60 persen lebih terbentuk oleh UMKM" ujarnya.

"Sektor UMKM itu adalah sektor yang ulet, tahan banting dan mendominasi perekonomian di Indonesia. Mayoritas serapan tenaga kerja juga ada di UMKM," katanya saat di Dusun Sumberan, Kelurahan Balasklumprik, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/10/2020).

Komisi XI DPR RI selaku mitra kerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengajak para pelaku UMKM memanfaatkan restrukturisasi kredit supaya roda perekonomian yang menjadi urat nadi masyarakat ini bisa kembali bergeliat.

Apabila masyarakat, lanjut Indah, terutama pelaku usaha ultra mikro, mikro dan kecil bisa survive maka otomatis mereka sudah tidak mengandalkan bantuan sosial dari pemerintah, apalagi kondisi keuangan negara semakin ketat.

"Jadi sekarang bagaimana memberdayakan masyarakat kita untuk survive ditengah pandemi ini dengan melakukan kerja-kerja ekonomi yang realistik," tutupnya. Jul