•   Sabtu, 29 Februari 2020
TapalKuda

Komisi III Tolak Rekomendasi Persetujuan Anggaran Mendahului PAK

( words)
H. Zainal Arifin.


SURABAYAPAGI, Sumenep - Komisi III DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur ikut menyikapi dikeluarkannya rekomendasi persetujuan anggaran mendahului Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) oleh Pimpinan Dewan, sebesar Rp 9 miliar lebih.

Ketua Komisi III DPRD Sumenep, H. Zainal Arifin, mengatakan saat ini komisinya telah berkirim surat kepada pimpinan sebagai bentuk sikap penolakan.
"Kami menolak secara tegas rekomendasi DPRD terkait anggaran yang mendahului PAK ini. Karena tidak sesuai prosedur yang ada," katanya, Jumat (14/6/2019).
Mestinya kata dia, sebelum dikeluarkan keputusan terlebih dahulu dibahas di badan anggaran atau di tingkat komisi. Namun, faktanya tanpa ada pembahasan Pimpinan DPRD mengeluarkan rekomendasi penambahan anggaran.
Apalagi penambahan anggaran tersebut sifatnya tidak mendesak, seperti anggaran untuk rumah sakit Arjasa tahun ini dianggarkan Rp 22 miliar, namun tiba-tiba ditambah lagi lewat mendahului PAK sebesar Rp 1,5 miliar.
"Padahal, kata konsultan perencana tidak mungkin selesai tahun ini, bisa di 2020. Lalu, buat apa tambahan anggaran ini. Ini kan sudah tidak masuk akal," ungkapnya.
Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, pihaknya mempertanyakan semua kebijakan tersebut. Hendaknya harus menjadi perhatian Ketua Dewan.
"Kalau surat yang kami layangkan diabaikan, maka akan ada langkah lain," jelasnya tanpa menyebutkan langkah yang bakal ditempuh apabila nanti surat yang dilayangkan tidak direspon oleh Pimpinan Dewan.
Sebelumnya, persetujuan anggaran mendahului PAK senilai Rp 9 miliar lebih menjadi polemik. Pasalnya, kebijakan itu diambil sepihak oleh pimpinan DPRD Sumenep. Persetujuan dengan rekomendasi nomor nomor 188/Rek.02/435.050/2019 tentang anggaran mendahului perubahan APBD 2019 tidak melibatkan komisi dan Banggar.
Persoalan tersebut telah ramai dan diperbincangkan pada Rapat Paripurna, Kamis, 13 Juni 2019 kemarin. Herman Dali Kusuma menanggapi dengan santai dan berjanji akan mengakomodir semua hal itu. "Kami akan diakomodir semua nanti," katanya. haz

Berita Populer