Khofifah Resmikan Rebranding SMA Trimurti dan Arizona State University

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. SP/ BYTA

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Proses rebranding di bidang pendidikan memang jarang terdengar dan tidak banyak juga 
sekolah yang berani melakukannya. Namun berbeda dengan SMA Trimurti. SMA yang sudah berdiri sejak tahun 1954 ini kemarin secara resmi melakukan rebranding menjadi Trimurti Senior High School.

Perubahan yang dilakukan bukan hanya logo, melainkan juga tampilan  visual, serta metode pembelajarannya. Acara rebranding ini diadakan di SMA Trimurti Surabaya, Kamis (26/11/20).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga turut hadir dalam acara ini sekaligus meresmikan logo baru dari SMA Trimurti Surabaya. Selain peresmian logo baru, ada sesi talkshow online dan offline yang dihadiri alumni SMA Trimurti dari lintas generasi seperti Miss Indonesia 2007 Kamidia Radisti (Alumni th. 2003), Putri Indonesia 2020 RR Ayu Maulida Putri (Alumni th. 2015), Ir. Prasetyadi, DESS, MM (Alumni tahun 1987), Marsda TNI (Purn) Imam Wahyudi SE., SIP., MM., MSc (Alumni tahun 1970), serta Eks Paskibraka nasional 2011 Tiara Harahap.

Hal yang menjadi fokus rebranding dari SMA Trimurti Surabaya ini yaitu pada kemampuan pemetaan potensi siswa. Melakukan partnership dengan Arizona State University, nantinya para siswa-siswi akan mendapatkan pengalaman belajar langsung dari pengajar yang ada di Universitas tersebut.

"Yang paling awal adalah kami sudah bekerjasama dengan Arizona State University, siswa-siswi yang mengambil kelas itu khusus untuk sains, mereka punya dua raport dari Trimurti dan Arizona State University. Mereka nantinya akan mendapat dua raport, dan bisa menentukan akan wisuda disana sini atau disana," ujar Mohamad Fajar Satria selaku Ketua Yayasan SMA Trimurti.

Nantinya para siswa tidak akan mendapat kategori khusus, hanya saja para siswa wajib mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Pembatasan setiap satu angkatan pun di berlakukan, yaitu hanya 30 siswa dan dapat bergabung sejak kelas 10.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa berangkat dari Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang berfokus pada peningkatan kualitas SDM.

Menurutnya, eningkatan kualitas SDM, pintu masuk utamanya adalah lewat pendidikan, melalui digitalisasi informasi dan teknologi bertemu format merdeka belajar inisiasi dari berbagai lembaga pendidikan diberikan ruang.

"Kami bersyukur bahwa di Jawa Timur ini, SMA Trimurti mulai keputusan dari yayasan pendidikan ini kemudian mengambil posisi antara lain membangun partnership dengan Arizona State University. Maka RPJMD (rencana program menengah daerah) provinsi maupun kabupaten/kota juga fokus pada peningkatan kualitas SDM," katanya.

Lanjutnya, Khofifah mengatakan bahwa langkah yang diambil SMA Trimurti merupakan butuhan pembangunan yang akan datang dan kebutuhan dari berbagai percepatan perkembangan kemajuan Indonesia.

"Rebranding dilakukan hari ini, Trimurti menjadi Senior High School Trimurti. Tentu kurikulum mendapat penguatan sesuai dengan partnership dengan Arizona State University yang akan fokus di bidang sains," terangnya.

Khofifah juga meminta kepada SDM internal Trimurti harus di pacu sekuat kuatnya, sebab membangun partnership dengan perguruan tinggi di luar negeri, guru yang akan mengajar pada bidang sains membutuhkan penguatan kualitas dan kuantitas, serta akan memacu kualitas peningkatan guru.

Acara tersebut turut dihadiri Badan Akreditasi Nasional, dan Kasubag Kerjasama serta Humas Dirjen Dikdas menjadi satu kesatuan dengan ikhtiar yang sedang dilakukan oleh Senior High School Trimurti. Nantinya Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberikan support agar bisa dimaksimalkan didalam mewujudkan Senior High School Trimurti melalui peningkatan kualitas dan kuantitas guru sains.

"Saya meminta tolong dari pihak guru dan yayasan, serta kepala sekolah untuk melakukan identifikasi pola-pola penyiapan SDM guru dilakukan semaksimal mungkin," pungkasnya. (byt)