•   Jumat, 22 November 2019
Pilgub2018

Khofifah Blusukan ke Pasar Taman Sidoarjo

( words)
Khofifah Indar Parawansa


SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Cagub Jawa Timur nomor urut 1 Hj. Khofifah Indar Parawansa blusukan di pasar tradisional. Kali ini ia menyapa para pelanggan dan pedagang Pasar Taman Sidoarjo.
Di dalam pasar, Khofifah tampak sering berdialog singkat dengan para pelanggan dan pedagang yang disapanya. Kepada para pelanggan dia tanyakan soal fasilitas keberadaan pasar dan lainnya.
"Dari dalam pasar, saya banyak mendapatkan aspirasi. Mulai harga kebutuhan, kadang kelangkaan barang kebutuhan, jangan ada penggusuran dan lain sebagainya," kata Khofifah sekeluar keliling di dalam Pasar Taman.
Khofifah mengakui sangat nyaman saat bertemu kalangan pelanggan dan pedagang di pasar-pasar tradisional. Mereka menjadi penyemangat juga terbersit doa dan aspirasi natural.
Meski secara pribadi, sambung Khofifah, dirinya merasa terharu dengan mereka (pedagang). Mereka yang biasanya melihat dari televisi maupun koran-koran, sekarang sudah bisa bertemu langsung.
"Seperti ini lah kalau saya berkunjung ke pasar-pasar tradisional. Suasana keakraban sudah terlihat. Bahkan, mereka tak segan-segan memanggil ummi (ibu)," tuturnya menambahkan.
Sejatinya, masih kata mantan Mensos RI itu, pasar merupakan tempat yang basah. Karena sebagian besar yang dijual mereka adalah sayur mayur, ikan, buah-buahan, dan semacamnya. Mereka (pedagang dan pembeli) sama-sama menginginkan tempat yang nyaman, convenience (kenyamanan).
Di pasar-pasar tradisional, 95 persen tidak convenience. Belum lagi ketika hujan. Terkadang, tidak hujan pun seperti itu. Maka, jika alas kaki dibangun dengan cara panvingisasi ditambah sirkulasi air yang bagus dikanan dan kirinya, setidaknya akan membantu mereka untuk kenyamanan.
"Selain perbaikan infrastruktur, pasar-pasar tradisional membutuhkan semacam warehouse (gudang penyimpanan). Agar harga barang-barang yang dijual dipasar tradisional kompetitif," pungkas Khofifah. (bj/irs)

Berita Populer