Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Tutup Usia

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta –Kabar duka menyelimuti keluarga besar Muhammadiyah. Pasalnya, salah satu ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yunahar Ilyas meninggal dunia. Yunahar mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Sarjito, Yogyakarta, Kamis, 2 Januari 2020, pukul 23.47 WIB.

Kabar duka tersebut disampaikan ketua PP Muhammadiyah lainnya yakni Agus Taufiqurrahman.

Ia yang turut mendampingi almarhum di rumah sakit, mengatakan Yunahar sebelumnya bermasalah dengan ginjalnya dan sedianya akan melakukan operasi.

"Prof Yunahar semula dalam rangka persiapan cangkok ginjal. Namun, karena kondisinya menurun, kemudian dirawat di ICU," jelas Agus dalam keterangan yang dikutip di laman resmi Muhammadiyah, Jumat, 3 Januari 2020.

Pelepasan jenazah dilakukan pada pukul 13.00 lalu selepas shalat jumát di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Adapun jenazah akan dimakamkan di permakaman Karangkajen yang juga merupakan tempat permakaman pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan. Agus mengatakan Muhammadiyah kehilangan sosok Yunahar sebagai salah satu ulama besar yang sangat berdedikasi terhadap dakwah Islam.

"Bahkan dalam kondisi kurang sehat pun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami, generasi di bawah beliau," kenang Agus.