Kenali Apa Itu Eating Disorder

SURABAYAPAGI.COM,- Masalah makan memang sering kali dianggap enteng, karena mungkin bagi sebagian orang mendengar kata makan, pastilah akan menimbulkan kegairahan tersendiri. Tapi tahukah anda bahwa masalah makan ini justru dapat menjadi masalah bagi sebagian orang karena mengkonsumsinya secara berlebihan, bahkan kelainan pola makan dapat dikategorikan sebagai “penyakit” yang dikenal dengan eating disorder.

Anorexia nervosa, bulimia nervosa dan binge-eating disorder adalah sebagian dari kelainan yang dikategorikan sebagai eating disorder. Kelainan ini jika sudah sampai tahap tertentu akan menjadi komplek karena menimbulkan konsekuensi fisiologis, fisik dan sosial bagi penderitanya.

Ada 2 jenis eating disorder yang paling banyak dikenal, meliputi:

- Anorexia
Adalah kelainan yang membuat seseorang terobsesi akan berat badan yang sangat kecil sehingga membuat mereka rela kelaparan atau bahkan berolahraga berlebihan.

- Bulimia
Adalah kelainan pada seseorang yang membuat dia memuntahkan setiap makanan yang telah dikonsumsi untuk menjaga berat badannya tidak berubah.

Penyebab terjadinya eating disorder diyakini sebagian besar diakibatkan oleh tekanan lingkungan sekitar. Tren hidup yang menggemari postur tinggi langsing membuat banyak orang mencemooh orang berpostur tubuh tambun. Namun, selain faktor sosial, beberapa faktor biologis diyakini ikut andil sebagai penyebab eating disorder.

Binge-eating disorder
Orang yang mengalami kelaianan ini biasanya kehilangan kontrol terhadap keinginan makannya, sehingga makan secara berlebihan. Tidak seperti kedua macam eating disorder yang telah dibahas di atas, penderitanya tidak menindaklanjutinya dengan olah raga yang berlebihan atau puasa, sehingga penderita biasanya gemuk dan memiliki resiko tinggi terhadap penyakit jantung dan tekanan dara