•   Minggu, 15 Desember 2019
Bisnis

Kembangkan Ekonomi Kerakyatan, Kelana Ingin Wujudkan Desa Wisata Terpadu

( words)


SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Setelah sukses mengembang biakkan ratusan ternak sapi di peternakan miliknya "Ranch Kelana" di Dusun Patuk, Desa Lebakrejo, Kecamatan Purwodadi. H.Kelana Aprilianto mulai melirik untuk menerapkan sistem ekonomi kerakyatan, dengan memanfaatkan SDM dari warga sekitar peternakan. Saat ini, pengusaha asli Pasuruan tersebut tengah menyiapkan lahan untuk peternakan kambing, ayam dan bebek disana.
"Saya ingin membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Selain itu, dengan penerapan sistem ekonomi kerakyatan, diharapkan bisa mewujudkan wilayah ini sebagai desa wisata terpadu, yang nantinya dapat mengangkat perekonomian warga juga," terang Mas Kelana panggilan akrabnya.
Untuk menopang ekonomi kerakyatan tersebut, pengusaha yang juga seorang politisi ini tengah mempersiapkan warga sekitar sebagai produsen tahu dan tempe.
"Bahan baku nanti saya suply, limbah dari produksi tahu dan tempe bisa jadi tambahan makanan ternak. Sedangkan keuntungan dari penjualan tahu, tempe, ternak ayam, telor, bebek, dan kambing, bisa untuk menutupi operasional peternakan. Penjualan dari hasil ternak sapi, bisa untuk pengembangan lahan dan penambahan bibit baru. Jadi sistemnya subsidi silang," urainya.
"Ranch Kelana" memang disiapkan untuk wisata edukasi kedepannya. Di desa setempat juga terdapat potensi wisata air terjun, sehingga mewujudkan desa wisata terpadu, sangatlah tepat. Apalagi Desa Lebakrejo terletak di jalur menuju Gunung Bromo.
Pak Nur (55) warga setempat yang saat ini bekerja di peternakan sapi "Ranch Kelana", mengatakan bahwa kehidupan masyarakat sekitar ikut tertopang dengan adanya peternakan ini. Apalagi bila nantinya peternakan ini berkembang dengan adanya ternak kambing, ayam dan bebek. "Warga sini ya senang bisa bekerja dan menambah penghasilan mas. Karena kebanyakan warga sini merupakan petani dan hanya mengandalkan hasil kebun. Dengan adanya peternakan ini, masyarakat ikut terbantu," ujar pria paruh baya tersebut.

Berita Populer