Kembangkan Desa Wisata, Desa Tasikharjo Gandeng Pertamina

Kepala Desa Tasikharjo, Damuri, saat membersihkan Pantai Panduri bersama warga dan karangtaruna.

SURABAYAPAGI. Tuban- Sebagai salah satu desa yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Tuban, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, dianugerahi bentang potensi wisata alam pantai yang melimpah.

Salah satunya adalah pantai Panduri, yang segera dikembangkan oleh pemerintah dan masyarakat desa dengan turut menggandeng Duta Pariwisata serta salah satu BUMN yakni PT. Pertamina Persero.

Kepala Desa Tasikharjo, Damuri, memandang penting pengelolaan dan pengembangan potensi wisata pantai di wilayahnya. Selain sebagai sarana menjaga ke asrian alam juga dapat memicu kesadaran masyarakat, khususnya pemuda dalam menjaga lingkungan.

Di samping itu, melalui destinasi wisata, Damuri berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa serta mampu menciptakan lahan kerja bagi warga.

"Saya optimis jika wisata desa bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutur Damuri dalam launching Pantai Panduri. Minggu, (19/10/2020). Perwakilan dari PT. Pertamina Persero Riezqi Fajar Sr, yang hadir saat launching Pantai Panduri, menyatakan jika pihaknya akan mendukung penuh pengelolaan potensi wisata yang ada di Desa Tasikharjo. Apalagi hari ini, Pertamina sendiri, mempunyai program untuk pemberdayaan masyarakat yang telah berlangsung di banyak titik termasuk Desa Tasikharjo, melalui beberapa program.

"Sejauh ini di Desa Tasikharjo sudah ada program dari Pertamina, seperti pengembangan pakan ternak sapi, pengembangan air bersih dan batik sekar tanjung," ujarnya.

Di tempat yang sama, Aulina Ummaza dari Muda Sadar Budaya dan Pariwisata, menanggapi dibukanya wisata pantai panduri ini adalah salah satu kontribusi anak muda untuk membangun desa. Kontribusi tersebut, disebut Aulina sebagai bagian dari upaya menjaga kearifan lokal, sosial dan kultural yang ada di desa.

Aulina yang juga penggerak pemuda desa bisa, berpesan, dalam mengelola wisata pantai, harus ada sentuhan ide-ide kreatif dari pemuda desa agar Pantai Panduri dapat menawarkan suguhan destinasi pantai yang berbeda dengan wisata pantai lain yang ada di Tuban kepada para pengunjung atau wisatawan.

"Kalau menurut saya ini langkah awal yang harus terus di kawal dan terus dikembangkan oleh pemuda dan di bantu stakeholder, termasuk PT. Pertamina," ucapnya. Her