Kejayaan Teknologi China

SURABAYAPAGI.COM, Beijing - Lima perusahaan China mendapat tempat dalam daftar 10 perusahaan AI teratas dunia, dengan Baidu peringkat keempat, setelah Microsoft, Google dan Facebook, menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Akademi Sains Cina.

Laboratorium utama penambangan data besar dan manajemen pengetahuan di Chinese Academy of Science dirilis pada 10 Januari, "Buku Putih Pengembangan AI 2019", yang menyediakan teknologi kunci dan aplikasi industri kecerdasan buatan di berbagai sub-sektor di industri AI dunia pada tahun 2019.

Laporan resmi menyebutkan, teknologi utama AI terletak pada visi komputer, pemrosesan bahasa alami, chip cerdas, dan delapan area penting lainnya, sementara skenario aplikasi tipikal AI meliputi pengamanan, keuangan, penjualan, transportasi, dan bidang kesehatan.

Laporan resmi mencatat bahwa pengaruh global Baidu terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir, menjadikan dirinya pesaing kuat dalam inovasi AI, terutama dalam bidang-bidang seperti pembelajaran mesin, visi komputer, dan pemrosesan bahasa alam.

Selain Baidu, perusahaan AI Cina DJI-Inovasi, Sensetime, Megvii dan iFlytek juga masuk dalam daftar 10 besar.

China memiliki potensi dan keuntungan besar dalam pengembangan AI, menurut buku putih. Lingkungan pasar terbuka China, sumber daya data yang besar, panduan strategis yang kuat dan skenario aplikasi yang kaya terus mempromosikan industri AI-nya dan menambah daya ungkit yang signifikan terhadap daya saing AI China untuk pasar global.cn