•   Selasa, 7 April 2020
Peristiwa Internasional

Kebakaran Hutan Di Australia, Koala Langka Terancam Punah

( words)


SURABAYAPAGI.COM, -Kebakaran hutan tidak hanya melanda di Indonesia saja, kebakaran hutan juga terjadi di lokasi berjarak 200 kilometer sebelah utara Sydney yang diduga dipicu oleh sambaran petir pada Sabtu (26/10) lalu. Hingga kini proses pemadaman masih dilakukan. Dari laporan terakhir yang diterima kebakaran telah melahap area seluas lebih dari 2 ribu hectare.

Otoritas setempat dilaporkan berjuang untuk mengendalikan dan memadamkan kebakaran ini. Para petugas penyelamat satwa liar di wilayah New South Wales mengungkapkan kekhawatiran bagi populasi ratusan koala yang ’sangat langka’ yang diketahui tinggal di area yang dilanda kebakaran hutan.

"Pentingnya koala-koala itu adalah mereka sangat beragam secara genetik," sebut Presiden Port Macquarie Koala Hospital, Sue Ashton, kepadaAFP. Port Macquarie Koala Hospital fokus pada konservasi koala liar.

Ashton menyampaikan kekhawatiran bahwa ’ratusan’ ekor koala yang ada di area pembiakan ’telah mati dalam kebakaran’. "Ini tragedi nasional karena populasi koala ini sangat unik," imbuhnya.

Lebih dari 70 kebakaran masih melalap wilayah New South Wales, yang tengah dilanda kekeringan parah. Otoritas setempat menyebut kebakaran sedikit berkurang di dekat Port Macquire, di mana pesawat pemadam dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tak terkendali.

"Api akan terus berkobar sepanjang malam, namun ada sumber daya signifikan di area-area properti dilindungi," demikian pernyataan Dinas Pemadam Kebakaran Pinggiran New South Wales.

Ditambahkan Ashton bahwa para relawan satwa liar akan bergabung dengan para petugas pemadam di area tersebut pada Kamis (31/10) waktu setempat atau Jumat (1/11) waktu setempat untuk menaksir kerugian dan memulai operasi penyelamatan koala-koala yang bertahan hidup.

"Apa yang terjadi pada seekor koala yang terjebak kebakaran adalah mereka memanjat ke atas pohon dan meringkuk seperti bola kecil. Jika kebakaran berlalu dengan cepat dan hanya menghanguskan bulu mereka, mereka akan baik-baik saja karena bulu itu akan tumbuh kembali," ucap Ashton.

Namun jika kebakaran semakin besar dan terus membakar pohon, koala-koala itu tidak akan bertahan hidup. "Mereka akan mati," imbuhnya.

Berita Populer