Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Alumni SMAN 2 Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 16 Nov 2020 22:08 WIB

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Alumni SMAN 2 Surabaya

i

Irjen Pol Nico Afinta

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kapolri Idham Azis lewat Asisten Sumber Daya Manusia ( As SDM), mengeluarkan telegram mutasi jabatan di tubuh organisasi Polri.

Berdasarkan Surat Telegram ST/3222/XI/KEP/2020 tertanggal 16 November 2020 Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran dirotasi menjadi Kapolda Metro Jaya. Fadil menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana yang sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya.

Baca Juga: UI Minta TNI-Polri Jangan Dipaksa Menangkan Salah Satu Paslon

Sementara untuk jabatan Kapolda Jatim diisi Irjen Pol Dr Nico Afinta yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan.

Nico Afinta merupakan jenderal kelahiran asli Surabaya 49 tahun silam, tepatnya pada 30 April 1971. Dia juga merupakan lulusan dari SMAN 2 Surabaya. Lulusan Akpol 1992 ini berpengalaman di bidang reserse. Pada tahun 2019 jenderal bintang dua ini menjabat sebagai staf ahli sosial politik Kapolri.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun Surabaya Pagi, Irjen Pol Nico Afinta sepanjang kariernya di Polri, memulai kariernya di Polrestabes Semarang tahun 1993.

Sejak tahun 2000, dirinya mengelilingi jajaran hukum Polda Metro Jaya, di antaranya sebagai Kapolsek Ciputat tahun 2000, Ditkrimsus Polda Metro Jaya tahun 2006, Kasubdit V Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada 2006, dan Kasubdit Ranmor Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada tahun 2008. Jabatan terakhirnya di Polda Metro Jaya adalah sebagai Dirreskrimum Polda Metro Jaya di tahun 2017.

Setelah itu ia pernah menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri dan Staf Ahli Sosial Politik Kapolri di tahun 2019, sebelum menjabat sebagai Kapolda Kalsel pada Mei 2020.

Dirinya pernah mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada tahun 2017 karena berhasil mengungkap penyeludupan sabu seberat 1 ton asal China di Serang, Banten. Saat itu Nico menjabat sebagai Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Ia kemudian dipromosikan sebagai Disreskrimum Polda Metro Jaya.

Nico juga ikut terlibat dalam penangkapan aktivis Ratna Sarumpaet yang terlibat tindak pidana atas berita bohong tentang penganiayaannya di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Upacara Farewell Parade dan Tradisi Pedang Pora Penuh Haru Bahagia di Polres Pasuruan

Ia juga pernah mendapatkan penghargaan 'Law Enforcement Award dari Visa Security Summit 2018' di Singapura, karena berhasil mengungkap kasus pencurian dana nasabah (skimming).

 

Kampung Tangguh Irjen Fadil

Sementara sosok M Fadil Imran resmi menjabat Kapolda Jatim sejak 1 Mei 2020. Selama enam bulan lebih bertugas, Fadil berhasil membantu menurunkan angka penyebaran virus korona di Jatim bersama Forkopimda Jatim.

Alumnus Akpol 1991 itu juga sukses membentuk Kampung Tangguh Semeru di seluruh wilayah Jatim. Pembentukan Kampung Tangguh Semeru itu sebagai upaya melawan penyebaran virus korona dari lingkup terkecil desa.

Baca Juga: Dit Tipidter Bareskrim Polri Amankan Ribuan Kayu Glondongan di Lamongan

Program tersebut mendapat apresiasi dari pimpinan Polri. Selanjutnya diadopsi secara nasional menjadi Kampung Tangguh Nusantara karena dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menangkal persebaran Covid-19.  "Iya (ada mutasi jabatan Kapolda)," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin kemarin.

Pamen dengan tiga melati dipundak menyatakan, rotasi jabatan menjadi hal lumrah di organiasi kepolisian. "Semua adalah kebutuhan organisasi dan penyegaran personel untuk meningkatkan sumber daya manusia dan peningkatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," sambungnya.

Selain itu, ada dua Kapolres di Jatim dirotasi. Dalam putusan telegram Kapolri, Kapolres Lamongan, AKBP Harun diangkat sebagai Kapolres Bogor.

Jabatan Kapolres Lamongan diisi AKBP Miko Indrayana yang sebelumnya Kapolres Kediri Kota. Sementara Kapolres Kediri Kota diisi oleh AKBP Eko Prasetyo sebelumnya Koorspripim Polda Jatim. nt/cr1/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU