Kapal Natuna Ekspres Dicoret dari Program Angnataru

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Kapal yang melayani rute Gresik-Bawean yakni Natuna Ekspres telah dipastikan tidak dapat mengikuti program angkutan natal dan tahun baru (Angnataru). Pasalnya, Kapal tersebut dinilai belum siap mengangkut penumpang karena mengalami kerusakan mesin untuk kesekian kalinya.

Muhammad Amri Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik mengatakan, Natuna Ekpres akan dicoret dari angnataru tahun ini. Kapal itu belum siap lantaran mengalami kerusakan mesin saat uji coba di hari pertama.

"Pasca mengalami kerusakan mesin, kami memberikan waktu untuk memperbaikinya. Setelah perbaikan selesai, pihaknya meminta mereka beroprasi sebagai uji coba. Namun setelah mengangkut penumpang, mesin kembali rusak," ungkapnya.

Dengan kejadian itu, pihaknya terpaksa mencoret Natuna Ekpres lantaran perbaikan belum selesai. Padahal dia harus menyetorkan data kapal yang dinyatakan siap memberikan layanan maksimal ke pusat. "Pelabuhan Gresik menjadi salah satu pelabuhan yang menjadi atensi nasional. Sehingga kami harus pastikan semuanya siap," terangnya.

Dirinya mengatakan, meski tak diikut sertakan dalam program angnataru, namun jadwal pelayaran Natuna akan tetap dikeluarkan. Jika proses perbaikan selesai mereka tetap bisa beroprasi. "Jadwalnya normal seperti biasanya. Tidak ikut angnataru," ujarnya.

Dengan kondisi armada, Dishub belum berencana mendatangkan armada tambahan. "Meskipun cuaca untuk pelayaran hingga saat ini masih aman, belum ada larangan berlayar. Lonjakan pun diprediksi tidak sampai 10 persen," tutupnya.