•   Jumat, 28 Februari 2020
JawaTimur

Kandungan Minyak Sumur ENC-2 Capai 70 Juta Barel

( words)


SURABAYAPAGI.com, Sumenep - Kandungan minyak mentah di sumur ENC-2 di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Sumenep, Madura Jawa Timur diperkirakan mencapai 70 juta barel. Hal itu diketahui setelah Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML) melakukan eksplorasi sejak beberapa bulan lalu.

Sesuai target, kedalaman sumur eksplorasi ini direncanakan mencapai sekitar 9,800 kaki dan akan menembus beberapa jenis lapisan batuan. Perkiraan sementara, kandungan minyak di sumur ENC-02, bisa mencapai sekitar 70 juta barel.

"Ini yang pertama untuk pemboran migas di daratan (Onshore). Kandungannya mencapai 70 juta barel minyak," kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Minggu (7/4/2019).

Untuk skema pembagian hasil, Busyro menjelaskan, daerah penghasil hanya mendapatkan sebanyak 12 persen untuk jenis gas dan 6 persen dari hasil produksi minyak. Selain itu, sebesar 0,2 persen dialokasikan untuk biaya pendidikan dasar.

"Undang-undang dan PP (peraturan pemerintah) nya seperti itu," jelasnya.

Bupati dua periode ini mengaku sempat mengupayakan kepada Pemerintah Pusat, agar pengelolaan keuangan Migas dikelola oleh Pemerintah Daerah. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil."Jawabannya (pemerintah pusat), apakah Sumenep yang mau membayar hutang negara, apakah Sumenep mau merdeka, kami yang mengatur meski di Sumenep tempatnya, uangnya pasti mengalir ke seluruh Indonesia," tandasnya. (haz)

Berita Populer