Kain Seragam Gratis Tuai Persoalan, Tahun 2020 Disdikbud Jombang Anggarkan

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Pengadaan program kain seragam gratis tetap akan dianggarkan pada tahun 2020 oleh Pemkab Jombang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), meskipun banyak persoalan yang hingga kini belum tuntas.
**foto**
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Agus Purnomo mengungkapkan, bahwa untuk kain seragam gratis kembali diadakan pada tahun depan.

"Namun saya belum bisa menjelaskan, apakah nanti program itu akan berupa kain atau seragam. Kalau itu dilihat teknisnya nanti seperti apa. Hanya saja tetap seperti semula, namanya seragam gratis,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (15/10/2019).

Menurut penjelasan Agus, besaran anggaran yang digelontorkan untuk pengadaan seragam gratis pada tahun 2020, menelan sekitar Rp 25 miliar lebih. ”Anggarannya dikurangi, karena melihat pengadaan tahun ini. Sehingga ini jadi patokan,” jelasnya.

Sementara Agus juga menandaskan, untuk seragam batik untuk tahun depan kembali tidak bisa diadakan seperti tahin ini. "Yang didapat sama seperti sekarang, yakni seragam pramuka, nasional dan seragam olah raga,” tandasnya.

Terkait pengadaan seragam gratis tersebut, pihak Disdikbud akan terus melakukan evaluasi. "Tentu kami akan lakukan evaluasi kekurangan maupun kelebihannya seperti apa, agar pengadaan kedepan bisa berjalan lancar,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kain seragam gratis yang merupakan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Jombang, banyak persoalan. Namun kembali dianggarkan pada tahun depan. (suf)