•   Minggu, 15 Desember 2019
Otonomi Daerah

Kado BPN Surabaya II di Hari Pahlawan, Sertifikasi Aset Cable Car dan JLLT Beres, Sertifikat PTSL 5.540 Bidang juga Siap Dibagikan

( words)
Kepala Kantor ATR/BPN Kota Surabaya II, Lampri.


SURABAYA PAGI.COM, Surabaya – Ini bukti komitmen Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Surabaya II. Tepat di Hari Pahlawan, 10 November, Pemkot Surabaya dapat ‘kado’ istimewa. Pasalnya, aset lahan untuk proyek cable car telah bersertifikat. Proyek yang rencananya akan membentang dari Taman Suroboyo hingga ke Jembatan Suroboyo itu pun bisa segera berlanjut pembangunannya. Selain itu, sertifikat untuk aset Jalur Lingkar Luar Timur (JLLT) juga telah rampung.

Dua sertifikat aset Pemkot Surabaya itu diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Surabaya II, Lampri kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota, Minggu (10/11/2019).

Dalam kesempatan itu, BPN Kota Surabaya II juga menyerahkan sertifikat melalui Program Tanah Sertifikat Lengkap (PTSL) sebanyak 5.540 bidang untuk masyarakat Surabaya. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada tiga warga, mewakili Kenjeran, Dukuh Setro dan Tambak Wedi.

Kepala ATR/BPN Kota Surabaya II, Lampri, menjelaskan pihaknya memberi atensi terhadap dua aset Pemkot, yakni lahan untuk cable car dan JLLT. Sebab, pihaknya ingin membantu agar pembangunan di Surabaya tidak terhambat. “Kita atensikan karena mungkin Pemkot ingin cepat ada progress, pembangunan yang dikerjakan bisa berjalan sesuai rencana. Maka kita selesaikan sertifikatnya untuk yang cable car dan JLLT dan kita serahkan ke Pemkot,” papar Lampri yang dihubungi Senin (11/11/2019).

Selain itu, lanjut Lampri, BPN Kota Surabaya juga menyerahkan sertifikkat aset Zidam TNI Angkatan Darat dan aset milik Polri, yakni Polsek Genteng. Tak ketinggalan, masyarakat yang tinggal di Kenjeran, Tambak Wedi, dan Dukuh Setro juga mendapat ‘kado’ di Hari Pahlawan ini. Pasalnya, sertifikat tanah yang mereka urus melalui PTSL sudah selesai.
“Sengaja kita berikan pada Hari Pahlawan, itu simbolis saja. Sebenarnya sudah ada yang kita berikan PTSL ini. Namun untuk penyerahan di 2019 ini, kita tuntaskan sesegera mungkin. Yang jelas, 5.540 bidang itu sudah selesai prosesnya. Tinggal penyerahan. Nanti kita atur jadwalnya,” papar Lampri.

Mengenai PTSL di tahun 2020, Lampri menegaskan masih akan melanjutkan program itu. Hanya saja, BPN Surabaya II belum mengetahui pasti berapa kuota yang didapat. “Insya Allah Desember nanti bisa kita sampaikan, berapa kuotanya. Yang pasti 2019 (sertikat melalui PTSL, red) sudah selesai, tinggal penyerahannya saja,” tandasnya.(al)

Berita Populer