•   Jumat, 24 Januari 2020
Ekonomi China

Jutaan Ton Kedelai AS Berhasil Masuk ke China, Sebelum Negosiasi Perdagangan di Mulai

( words)
Panen kedelai di lading pertanian AS SP/Andlo


SURABAYAPAGI.com - China telah membuka pintu bagi perusahaan swasta China yang ingin membeli komoduitas AS. Dan benar, perusahaan swasta China telah memborong jutaan ton kacang kedelai Amerika yang telah dikirim ke China, hal ini menunjukkan kemajuan terbaru dalam pembelian produk pertanian A.S. oleh perusahaan China setelah pertemuan dua kepala negara di Osaka pada Juni.

Selama ini, Perang dagang antara China dan AS telah membuat ekspor kedelai AS ke Tiongkok merosot tajam setelah Beijing mengenakan tarif 25% terhadap impor kedelai dari AS.

China mengimpor 614.805 ton kedelai dari Amerika Serikat pada Juni, turun 2,5% dari Juni 2018 dan turun 37% dari 977.024 ton pada Mei, data bea cukai yang dirilis pada hari Sabtu menunjukkan.

Sementara itu, pemerintah AS telah mengumumkan pembebasan tarif tambahan yang dikenakan pada 110 item produk industri China dan menyatakan kesediaannya untuk mendorong bisnis AS untuk terus menyediakan pasokan untuk perusahaan Cina terkait.

Ini menunjukkan kesiapan kedua pihak untuk mengimplementasikan konsensus yang dicapai oleh kedua kepala negara di Osaka, menurut sumber dengan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional dan Kementerian Perdagangan.

Sejak 19 Juli, beberapa perusahaan Cina telah bertanya kepada pemasok AS tentang pembelian baru produk pertanian AS termasuk kedelai, kapas, babi, dan sorgum. Saat ini, sejumlah kesepakatan telah dibuat sesuai dengan kondisi pasar.

Perusahaan-perusahaan Cina yang terlibat telah mengajukan permohonan pencabutan tarif tambahan pada beberapa hasil pertanian AS, dan Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara akan menangani aplikasi mereka sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

Perusahaan Tiongkok akan terus melakukan penyelidikan berdasarkan permintaan pasar domestik tentang pembelian produk pertanian A.S. termasuk kedelai, kapas, babi, sorgum, gandum, jagung dan produk susu.

Kesepakatan tambahan diperkirakan akan dibuat selama produk A.S. diberi harga wajar dan berkualitas premium.

Sumber dari departemen pemerintah China yang relevan mengatakan bahwa pihak AS harus mengambil langkah konkret untuk memenuhi janjinya dan menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk konsultasi ekonomi dan perdagangan antara kedua pihak.

Berita Populer