Jokowi Serukan Bansos Masyarakat Dipercepat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 24 Agu 2020 15:20 WIB

Jokowi Serukan Bansos Masyarakat Dipercepat

i

Presiden Joko Widodo

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Jokowi minta skema bantuan untuk masyarakat tidak terhambat dan dipercepat.

Hal ini lantaran percepatan penyaluran bantuan dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional.

"Skema cash transfer, bantuan langsung ke masyarakat, saya minta untuk dipercepat, Pak Menko PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)," ujar Jokowi saat Ratas Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (24/8).

Presiden pun menginstruksikan Menko PMK Muhadjir Effendy agar memantau proses penyaluran bantuan langsung baik Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa, bantuan sosial tunai, bantuan pangan non-tunai (BPNT), banpres produktif usaha mikro, dan juga bantuan subsidi gaji.

Jokowi menyebut, salah satu yang menjadi kendala penyaluran bantuan langsung yakni masalah data penerima. Dia meminta semuanya tersalurkan pada pertengahan September.

"Ini betul-betul diikuti agar ini yang paling banyak terkendala adalah urusan data, urusan nomor akun di bank. Ini yang agak menghambat kita," ujar eks Wali Kota Solo itu.

"Saya harap pertengahan Agustus sampai pertengahan September itu sudah selesai," pungkas Jokowi.

Dalam ratas tersebut, Presiden Jokowi juga meminta kampanye untuk pemakaian masker digencarkan.

Kemudian, kepala negara meminta bawahannya berkoordinasi dengan Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam menyampaikan pernyataan soal Corona yang menjadi sorotan media asing.

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU