Jokowi Akan Pertemukan Nelayan dengan Susi Besok

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan mengumpulkan nelayan, kepala daerah serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membahas penggunaan cantrang.

Hal itu disampaikan usai Jokowi bertemu 16 perwakilan nelayan Jawa Tengah yang berasal dari Tegal, Batang, Pati, dan Rembang di Tegal, Senin (15/1) siang.

“Nanti Rabu (17/1) intinya tadi kami sudah bertemu, sudah sama-sama ketemu solusinya. Hanya nanti lebih didetailkan lagi di Jakarta,” ujar Jokowi berdasarkan keterangan resmi.
Jokowi tidak membeberkan lebih rinci dari solusi yang sudah terlihat dalam pembicaraannya bersama nelayan.

Namun, dalam pertemuan itu, nelayan menyarankan pemerintah menguji petik dengan melibatkan ahli demi membuktikan cantrang merusak lingkungan atau tidak.

“Kami carikan solusi agar nelayan bisa melaut dengan baik. Tapi sisi penggunaan alat yang tidak berdampak (buruk) bagi lingkungan itu,” Jokowi menegaskan.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut serta, dan menyatakan telah bertemu Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Menteri Susi pekan lalu.

Ia mengatakan, pertemuan guna membahas perpanjangan cantrang dan membantu pembiayaan serta pelatihan penggunaan alat tangkap baru yang disebut ramah lingkungan.