Jianbing, Street Food Murah Khas Beijing

SURABAYAPAGI.com – Jianbing, jajanan khas Beijing yang enak dan murah. Jajan tersebut mirim dengan martabak dengan isinan padat.
Jianbing merupakan kudapan favorit masyarakat China. Karena termasuk street food, penjualnya bisa dengan mudah ditemui di pinggir jalan atau pusat keramaian kota.
Di Beijing, jianbing dibanderol RMB 10 (Rp 21.000). Kudapan ini terbuat dari lembaran kulit lumpia yang agak tebal kemudian digoreng menggunakan wajan datar mirip wajan martabak. Kulit lumpia ini kemudian dilapisi dengan telur dadar lalu diisi daun selada, daun bawang, sosis atau ayam serta saus khas.
Semua bahan ini diletakkan di atas kulit lumpia lalu dilipat seperti kebab. Jianbing makin enak dinikmati hangat karena teksturnya renyah dan rasanya gurih.
Di China biasanya jajanan ini jadi menu sarapan tapi penjualnya juga kadang menjajakan saat sore hingga malam hari. Jianbing paling favorit yakni yang diisi dengan sosis babi, tetapi ada juga pilihan daging ayam tanpa tulang.
Disamping jadi kudapan favorit, jianbing juga memiliki sejarah panjang. Sekitar 2000 tahun yang lalu, jianbing jadi makanan tentara yang akan berperang karena mengandung nutrisi lengkap dan mengenyangkan.
Kini jianbing bukan lagi bekal makan para tentara melainkan makanan sehari-hari. Pembelinya juga beragam mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Kalau ke China, belum lengkap kalau belum mencoba jianbing.