JFC Tahun Resmi Ini Ditiadakan

SURABAYAPAGI.COM, Jember – Dampak dari penyebarn virus corona menyebabkan ajang Jember Fashion Carnival (JFC) di Kabupaten Jember pada tahun 2020 dipastikan tidak digelar. Sebagai gantinya, JFC edisi ke-19 yang sedianya akan digelar Juli-Agustus mendatang akan diundur pada bulan yang sama tahun depan.

Direktur Development Program JFC, David K. Susilo mengatakan harusnya pagelaran JFC ke-19 berlangsung antara Juli-Agustus 2020. Persiapannya sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak November 2019 lalu.

Pertimbangan menunda pagelaran JFC, selain antisipasi sebaran COVID-19 karena persiapannya membutuhkan waktu yang panjang, setidaknya 6 bulan. Beberapa tahapannya mulai dari rekrutmen peserta dan pelatihan, melibatkan hingga 1.100 orang peserta. Kemudian persiapan 1.000 orang pendukung even karena ajang JFC yang digelar selama beberapa hari itu bisa disaksikan hingga 200 ribu peserta.

Pria yang juga menjadi Sekjen Asosiasi Karnabal Indonesia (AKARI), Kementerian Pariwisata RI tersebut menambahkan, penundaan JFC tentu sangat berdampak terhadap sektor pariwisata di Jember. "Saat JFC digelar, biasanya hotel penuh, permintaan souvenir meningkat," ujarnya Senin (6/4).jbr01