•   Kamis, 23 Januari 2020
Peristiwa Internasional

Jepang Tengah Bersiap untuk Memeriahkan Acara Penobatan Kaisar Baru

( words)
Kerumunan penduduk Jepang yang menyaksikan penobatan kaisar baru Jepang SP/Det


SURABAYAPAGI.com - Penobatan kaisar baru Jepang, Naruhito akan dilakukan 22 Oktober mendatang. Gladi resik dilakukan Minggu (6/10) yang dimulai sejak jam 7 pagi waktu Jepang.

"Kita menampilkan sedikitnya 50 unit kendaraan bermotor, sejak jam 7 pagi tadi, berjalan pelan-pelan ke luar dari Istana menuju rumah kediaman Kaisar," melansir Tribunnews.com, Minggu (6/10).

Selain itu, penobatan Kaisar Naruhito pada 22 Oktober mendatang bisa dinikmati semua warga, termasuk narapidana. Karena itu, pemerintah berencana memberikan grasi kepada sekitar 600 ribu pelaku kejahatan minor.

Saat upacara penobatan mantan Kaisar Akihito pada 1990, sebanyak 2,5 juta penjahat mendapat grasi. Pada April, Akihito menjadi raja Jepang pertama yang menyerahkan takhta dalam kurun waktu dua abad.

Sebelum upacara penobatan kaisar baru, Jepang terlebih dahulu melakukan gladi resik untuk mematangkan elemen-elemen yang ikut serta dalam penobatan kaisar baru Jepang.

Gladi resik dilakukan seperti yang akan dilakukan tanggal 22 Oktober mendatang sekitar jam 03:30 sore hari setelah acara selesai dilakukan di istana akan dihadiri ratusan pimpinan kepala negara, termasuk Presiden Indonesia Joko Widodo juga telah dikirimkan undangannya sejak dua bulan lalu.

Bedanya hanya satu saja gladi resik tidak pakai open car. Sedangkan 22 Oktober nanti Kaisar Naruhito yang baru akan menggunakan open car sehingga dapat jelas dilihat banyak orang di sekitarnya.

Konvoi rombongan sebanyak 50 unit kendaraan sepanjang sekitar 400 meter dengan kecepatan 20 km per jam, agar warga bisa menyapa Kaisar Jepang dari kejauhan dan lambaian tangan Kaisar beserta Permaisuri dapat dilihat warga Jepang.

Selain pengawalan dari motor dan mobil istana kekaisaran, juga ada parade lagu dari anggota kepolisian yang akan menyesuaikan iringan lagi dengan lewatnya mobil Kaisar nantinya.

Diperkirakan ratusan ribu warga akan menyambut Kaisar yang baru di pinggiran jalan dari depan Stasiun Tokyo sampai menuju ke arah kediaman kaisar dan akan dijaga oleh ribuan polisi menjaga keamanan kaisar beserta juga para kepala negara yang hadir saat itu.

Parade tersebut dilakukan sekali dalam satu periode kekuasaan Kaisar yang baru. Terakhir dilakukan 31 tahun lalu (1989) saat Akihito diangkat sebagai Kaisar Zaman Heisei.

Berita Populer