Jepang Berhasil Uji Coba Mobil Terbang

Mobil terbang berpenumpang SkyDrive SD-03 yang menjalani uji coba pertama di Jepang.

SURABAYAPAGI.com, Jepang – Mobil terbang kini menjadi nyata adanya seteleha salah satu produsen otomotif di Jepang yakni, SkyDrive.Inc menciptakan mobil dengan tipe SD-03.

Tidak hanya menciptakan, SkyDrive.Inc juga sukses melakukan uji coba penerbangan mobil ini

Perusahaan mobil terbang tersebut melakukan uji coba di Toyota Test Field. Tempat tersebut memiliki luas sekitar 10.000 meter persegi yang membuat mobil terbang SkyDrive model SD-03 dapat memutari area tersebut dengan dikemudikan pilot. 

Dalam rangka uji co banya, mobil terbang SkyDrive SD-03 berhasil berputar-putar dalam area tersebut selama empat menit yang dikemudikan oleh seorang pilot berlisensi. Ada bantuan dengan sistem komputer pada mobil terbang tersebut. 

Kerja sistem komputer digunakan untuk membantu pilot agar stabilitas mobil selama mengudara tetap terjaga. Tak lupa, dalam rangka uji coba, perusahaan mobil terbang tersebut juga menempatkan petugas lain untuk memantau kerja mobil terbang itu dari bawah. 

CEO SkyDrive Tomohiro Fukuzawa mengaku senang dengan keberhasilan uji coba mobil terbang berpenumpang pertama itu. 

"Kami senang telah mencetak sejarah mobil terbang berawak pertama di Jepang. Dalam dua tahun sejak kami mendirikan SkyDrive pada 2018 dengan tujuan mengomersialkan pesawat itu," tuturnya dalam rilis perusahaan SkyDrive, Jumat (28/8/2020). 

Tomohiro juga mengatakan bahwa perusahaannya akan melakukan percepatan eksperimen untuk lebih dikembangkan lagi dan juga mempersiapkan pengembangan bisnis perusahaan SkyDrive. 

"Kami ingin membawa eksperimen ini ke level berikutnya pada tahun 2023. Dan untuk itu, kami akan mempercepat perkembangan teknologi dan pengembangan bisnis kami," kata dia. 

Mobil terbang produksi SkyDrive tersebut diungkapkan bahwa seperti pesawat kecil bertipe vertical take-off and landing (eVTOL) yang dipersiapkan untuk kendaraan masa depan.