•   Jumat, 13 Desember 2019
SGML

Jemput Bola, Dukcapil Lamongan Rekam E-KTP ke Sekolah

( words)
Petugas melakukan perekaman ke siswa SMA di Lamongan. (SP/ MUHAJIRIN KASRUN)  


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Masih adanya penduduk potensial siswa yang belum melakukan perekaman E-KTP, menjadi fokus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lamongan, untuk melakukan perekaman siswa yang menenuhi syarat, dengan sistem jemput bola ke lembaga pendidikan setingkat SMA dan sederajat.
Perekaman siswa dengan datang langsung ke lembaga pendidikan tersebut, seperti yang disampaikan oleh Sugeng Widodo, Plt Kepala Dinas Dukcapil Lamongan itu, sebagai bagian upaya Pemerintah Kabupaten untuk memaksimalkan E-KTP.
“Mulai bulan ini, kita jemput bola dengan melakukan perekaman ke siswa SMA, SMK dan MA seluruh Lamongan," kata Sugeng, panggilan akrab Sugeng Widodo, Kamis (1/2/2018) siang.
Lebih jauh kata Sugeng, saat ini ketersediaan material E-KTP sekitar 15 ribu keping dan bagi warga yang belum memiliki E-KTP diharap segera mengurus ke Kantor Kecamatan masing-masing atau ke Kantor Disdukcapil."Yang belum memiliki E-KTP untuk segera mengurus," pintanya.
Dan bagi yang masih dalam bentuk SUKET (Surat Keterangan) lanjut Sugeng, bisa langsung dimintakan diganti KTP elektronik bila sudah clear data penunggalannya di data base pusat. "Yang sekarang masih memegang surat keterangan, bisa langsung dimintakan ganti E-KTP karena materialnya sudah siap," terangnya.
Sementara itu, Dinas Dukcapil Kabupaten Lamongan sendiri dalam seharinya mampu mencetak sebanyak 350 hingga 400 keping, tergantung kelancaran jaringannya. “Kalau tinggal cetak bisa langsung, kalau masih melakukan perekaman mungkin masih membutuhkan waktu tapi bisa langsung mendapat SUKET,” jelas Sugeng.
Sebagai upaya mempermudah pelayanan E-KTP, saat ini di lima kecamatan sudah terdapat pengoperasian mesin rekam dan cetak, yaitu di Kecamatan Babat, Ngimbang, Karangbinangung, Paciran dan di Kecamatan Sukodadi.
“Kita berharap warga di lima kecamatan tersebut yang belum melakukan perekaman E-KTP langsung mendatangi ke kantor kecamatannya masing-masing tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil,” imbuh Sugeng menjelaskan.jir

Berita Populer