Jembatan Sungai Gunting Berlubang, Sebabkan Kemacetan di Jalan Nasional

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Kondisi Sambungan Jembatan Sungai Gunting yang berada di jalan Nasional - Surabaya Madiun tepatnya di Desa Kademangan Mojoagung Memprihatinkan. Sambungan jembatan yang terlihat menganga dengan diameter 30 centimeter tersebut memperlihatkan lempengan baja serta plat besi hingga muncul ke permukaan jalan.

Kondisi tersebut lantas menimbulkan kemacetan di kawasan kecamatan Mojoagung saat jam sibuk yakni pada pagi dan sore hari. Kondisi diperparah dengan adanya pemyempitan lajur saat akan melewati sungai gunting. Dari empat lajur sebelum dan sesudah jembatan mejadi dua lajur saat memasuki jembatan. Kendaraan yang melintas harus melambatkan kendaraannya sebelum memasuki jembatan.

“Sudah sejak satu bulan terakir kondisi sambungan jembatan terlihat, dan dan kendaraan yang melintas harus memperlambat sehingga menyebabkan kemacetan,”ujar Saiful Mashudi (46) warga sekitar lokasi jembatan Sungai Gunting. Senin 11 Maret 2019.

Ia menambahkan sebelumnya, meskipun ada penyempitan lajur di sungai gunting, kondis arus lalulintas masih tetap lancar, dan tidak menimbulkan kemacetan yang parah.

“Karena ada plat besi yang muncul kepermukaan maka otomatis kendaraan harus memilih agar rodanya tidak sampai mengenai plat tersebut, pernah ada mobil yang sobek rodanya akibat plat besi tersebut,”Imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Kanit turjawali Satlantas Polres Jombang, Iptu Mulyani Menyebutkan, jalan tersebut merupakan kewenangan dari Dinas Pekerjaan umum, namun untuk masalah kemacetan pihaknya sudah menempatkan Anggota dilapangan guna mengurai kemacetan.

“Lokasi Jembatan Sungai Gunting tepat berada di sebelah barat POS 901, Sehingga setiap jam sibuk ada anggota yang bertugas mengurai kemacetan dan di Bantu oleh anggota dari polsek Mojoagung,”Tegasnya.

Pengaturan lalulintas dilakukan dengan sisten buka tutup jalur atau dengan mengalihkan arus sebelum masuk kecamatan Mojoagung, yakni dengan memanfaatkan Ringroad Mojoagung.

“Kendaraan baik dari arah timur maupun barat dapat menggunakan ringroad mojoagung untuk menghindari kemacetan,”Pungkasnya. Nur