•   Kamis, 9 April 2020
Pemilu

Jelang Coblosan, KPU Jatim Nambah 161 TPS

( words)
Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur, Choirul Anam. (Foto: SP/RIKO)


SURABAYAPAGI.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menambah 161 TPS berbasis Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB) pada Pemilu 2019 mendatang. Dengan adanya tambahan tersebut, maka secara keseluruhan ada 130.171 TPS di Jatim.
Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam mengatakan, ada tambahan TPS di Jatim yang sudah disetujui oleh KPU RI sejumlah 161 TPS berbasis DPTB. Awalnya KPU mengusulkan 217 TPS kemudian turun menjadi 198 dan terakhit disetujui 161 TPS. Namun meski hanya bertambah 161 TPS, setiap TPS nya bisa mengakomodir sampai 500 pemilih.
“Perintah KPU RI setiap TPS berbasis DPTB bisa menampung 500 pemilih, bukan 300 orang seperti di TPS pada umumnya. Sehingga untuk Jatim total TPS berbasis DPTB ada 161 TPS," kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam pada Kamis (12/4).
Dia mengatakan, TPS berbasis DPTB itu terbagi merata diseluruh kabupaten di Jatim. Sebagian besar TPS berbasis DPTB ada di lapas dan pesantren yang ada di Jatim. Sementara itu, untuk pemilih yang berasal dari mahasiswa yang tersebar di beberapa kampus di Jatim, didistribusikan ke TPS yang ada di dekat kampus. "Yang banyak TPS DPTB ada di pondok pesantren dan lapas. Dari jumlah 161 itu 77 ada di lapas dan sisanya ada di pondok pesantren," tandasnya.rko

Berita Populer