Janji Dokter Muda Angkatan Perdana Universitas Ciputra Surabaya

Prosesi pelantikan wisuda angkatan perdana Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Ciputra (UC) Surabaya yang diselenggarakan secara virtual di Dian Auditorium Universitas Ciputra, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (20/9). SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI, Surabaya - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Ciputra (UC) Surabaya, untuk pertama kalinya melakukan prosesi wisuda dan pelantikan janji dokter muda angkatan pertama secara virtual dirumah masing-masing dengan didampingi orang tua melalui Zoom Meeting.

Sebanyak 49 dokter muda angkatan pertama UC ini resmi dilantik menjadi sarjana kedokteran dengan mengikrarkan janji dokter muda secara bersama-sama yang dipimpin oleh Faza Budargo, S.Ked (Baju Putih diatas mimbar) dan Christy Thong, S Ked (baju putih menghadap ke jajaran rektorat).

49 dokter muda angkatan pertama UC Surabaya ini lulus tepat waktu saat program sarjana (4 tahun). Bahkan 23 diantaranya memiliki nilai IPK diatas 3.5 atau lulus dengan predikat cumlaude.

Rektor Universitas Ciputra, Ir Yohannes Somawiharja, M. Sc. dalam sambutannya, ia mengatakan momen bersejarah bagi Fakultas Kedokteran ini sesuai dengan impian Pak Ciputra saat mendirikan Universitas Ciputra

"Ini merupakan tahap pertama ada sarjana dari fakultas kedokteran, mereka telah mengalami seleksi yang luar biasa hingga sampai di titik ini, selanjutnya mereka akan melakukan pendidikan profesi, dalam hal ini kami mendapat dukungan dari RSUD Dr M Soewandhie yang sangat luar biasa," ujarnya saat ditemui di Dian Auditorium Lantai 7 Universitas Ciputra.

Mengingat kondisi pandemi, acara ini dilaksanakan secara daring dan luring.“Demi kenyamanan bersama, maka hanya beberapa perwakilan mahasiswa beserta orang tua yang hadir, peserta lainnya mengikuti secara daring”, Terang Dr. dr Hudi Winarso, Sp.And selaku Dekan FK UC.

Janji_Dokter_Muda_UC_Patrik_(9)

Sebanyak 49 dokter muda angkatan pertama UC ini resmi dilantik menjadi sarjana kedokteran dengan mengikrarkan janji dokter muda. SP/Patrik Cahyo

Prosesi sakral tersebut juga dihadiri oleh Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Perawatan RSUD Dr M Soewandhie, Eko Apriyanto.

Diketahui sebelumnya, bila RSUD Dr M Soewandhie menjadi tempat pendidikan utama bagi dokter muda UC Surabaya dalam melakukan pendidikan profesi.

"Mereka (Dokter Pendidik Klinis) yang nantinya akan membimbing dokter muda untuk menjalani profesi pendidikan kedokteran selama 2 tahun, dengan harapan mendapat pengalaman, keterampilan, sehingga saat lulus menjadi dokter yang berkompeten," terangnya.

Meski begitu, dikarenakan dalam kondisi pandemi, rencananya pendidikan profesi ini akan dimulai sejak 28 September 2020 kedepan dengan teori terlebih dahulu sebelum kemudian melakukan praktik di rumah sakit.

"Jika nantinya belum memungkin, akan kami lanjut teori dengan materi dokter muda 2 (DM 2). Karena kami lebih mengutamakan keselamatan peserta didik," ungkapnya.

Di lain pihak, salah satu dokter muda, Faza Budargo, S.Ked mengaku bersyukur proses belajar 4 tahun yang ia alami telah sampai pada pendidikan profesi."Saya sangat bangga, kami semua akan menjalani pendidikan profesi selama 2 tahun, tentu saya termotivasi untuk giat belajar untuk mendapat kepercayaan pasien nantinya, saya sangat merasa tertantang untuk bisa menyelesaikan pendidikan profesi kedepan," pungkasnya. (byt)